Bupati Pasaman Barat Ingatkan Sekolah Tes Urine Siswa

id Bupati Pasaman Barat

Simpang Empat, (Antara) - Bupati Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Syahiran mengingatkan agar kepala sekolah yang ada nantinya melaksanakan tes urine bagi siswa yang akan masuk kesekolah nantinya.

"Mulai saat ini kami mengajak semua pihak menyatakan perang terhadap narkoba. Salah satunya adalah melakukan tes urine bagi siswa," katanya saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Istiqomah Simpang Empat, Senin.

Ia menambahkan penyebaran narkoba saat ini sudah mulai menyentuh anak-anak sekolah. Sebab, dari berbagai kasus yang ada kalangan pelajar adalah sasaran penyebarluasan narkoba.

"Untuk itu kepada sekolah diharapkan dapat melakukan tes urine kepada siswa masing-masing," ujarnya.

Ia menyebutkan terkait pelaksanaan Ujian Nasional yabg dimulai hari ini (4/4), ia mengimbau agar siswa serius mengikuti ujian sehingga hasilnya memuaskan.

Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto yang meninjau pelaksanaan UN di SMA 1 Pasaman mengatakan saat ini UN dilaksanakan berbasis komputer.

Bagi sekolah pelaksanaan UN yang menggunakan komputer juga harus menyediakan genset untuk berjaga-jaga kalau listrik PLN padam, katanya.

Ia mengharapkan kepada pihak PLN agar selama UN berlangsung pasokan listrik terjaga sehingga siswa tidak terganggu melaksanakan ujian.

Ia menekankan kepada guru yang ada agar dapat melakukan pengawasan UN dengan baik. Jangan lakukan kecurangan karena nantinya siswa juga yang akan rugi.

"Berlaku sportiflah dan bagi siswa agar serius dalam belajar. Mudah-mudahan hasilnya akan baik nantinya," sebutnya. (*)