Bupati Minta LKKS Aktif Tangani Masalahan Sosial

id lkks

Sarilamak, Sumbar, 3/4 (Antara) - Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Irfendi Arbi meminta Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) setempat untuk memaksimalkan perannya dalam mengatasi berbagai masalah terjadi di masyarakat daerah itu.

Ia di Sarilamak, Minggu, mengatakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesejahteraan sosial perlu penanganan konfrehensif dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat, salah satunya LKKS.

"Kami tahu, penanganan berbagai permasalahan sosial itu bukanlah pekerjaan gampang, namun dengan kepedulian semua tidak terkecuali LKKS, tentunya persoalan itu akan lebih mudah diatasi," ujar dia.

Ia meminta LKKS benar-benar terjun dan berperan langsung ke tengah masyarakat serta mengajak berbagai pihak untuk ikut peduli dengan para penyandang masalah sosial yang terjadi.

"Mari kira selesaikan penyelesaian masalah kesejahteraan sosial di kabupaten ini dengan kepedulian yang tinggi dan semangat rela berkorban," tambah dia.

Sementara itu, Ketua LKKS Kabupaten Limapuluh Kota, Monalisa meminta dukungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalanan perannya, sehingga dapat terlaksana secara optimal.

"Kami menyadari banyak terjadi permasalahan kesejahteraan sosial, menyikapi kondisi itu, ke depan berusaha untuk berperan secara optimal dalam persoalan kesejahteraan sosial tersebut," sebut dia.

Menurutnya, meskipun LKKS lembaga non pemerintah, pihaknya akan melaksanakan fungsinya untuk membina dan mengembangkan usaha kesejahteraan serta mendukung kegiatan sosial di tengah masyarakat serta meningkatkan sinergitas dengan pemerintah daerah.

"Kami berupaya membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan itu, selain peran aktif dari para pengurus, juga akan berusaha mengajak pihak lainnya untuk ikut peduli dengan permaslaahan sosial tersebut," tambah dia.

Ia menyebutkan, juga telah melakukan kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Limapuluh Kota, sehingga kerjasama itu mampu meningkatkan peran LKKS pada masa mendatang.

Salah seorang masyarakat Limapuluh Kot,a Hamidi menilai perlu adanya kerjasama dan sinergi antara pemerintah, lembaga non pemerintah, masyarakat dalam mengatasi permasalahan tersebut.

"Untuk mengatasi permasalahan tersebut semua pihak hari menjalankan perannya, sehingga permasalahan sosial itu lebih cepat teratasi," tambah dia.*