Sekolah Diminta Kelola Bantuan Pendidikan dengan Baik

id Bantuan Pendidikan

Painan, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan mengimbau kepala sekolah di daerah itu agar mengelola berbagai dana bantuan pendidikan pada masing-masing sekolah dengan baik, sesuai aturan yang berlaku.

"Jangan sekali kali mencoba mempermainkan bantuan bidang pendidikan, baik bantuan pusat atau sumber lainnya. Jika terbukti mempermainkan tanggung risikonya sendiri," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Painan, Rabu.

Khusus dana bantuan operasional sekolah, kepala sekolah sebagai pengelola di masing-masing sekolah penerima, harus dapat merealisasikan sesuai aturan yang berlaku dan jangan ada penyalahgunaan.

Kalau itu terjadi, maka yang bersangkutan (kepala sekolah) akan berhadapan dengan hukum. Pengawasan penggunaan bantuan operasional sekolah terus dilakukan secara ketat sehingga tidak terjadi penyimpangan.

"Kita meminta kepala sekolah harus merealisasikan dana bantuan operasiaonal sekolah dengan sebaik baiknya sesuai aturan berlaku, tanpa ada permainan. Jika ditemukan ada permasalahan tentang realisasi bantuan operasional sekolah maka kepala sekolah tersebut akan berhadapan dengan penegak hukum, " ujarnya.

Sedangkan dari kedinasan, bagi kepala sekolah yang terbukti melakukan penyalahgunaan atau penyaluran dana bantuan operasional sekolah yang tidak sesuai dengan aturan, maka kepala sekolah yang bersangkutan akan dilakukan pemecatan dari jabatannya.

Selain itu kepala sekolah diminta untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik agar kualitas pendidikan yang diharapkan dapat terwujud.

"Kepala sekolah agar bekerja dengan baik dan dapat melakukan pembinaan terhadap guru pada sekolah masing-masing. Karena tanpa itu hasil yang baik untuk mencapai pendidikan berkualitas tidak akan dapat terwujud, " katanya.

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing sekolah harus dimulai dengan kinerja kepala sekolah yang baik. Ke depan, pembangunan pendidikan kabupaten itu lebih difokuskan pada kualitas.

Menurutnya, pembangunan pendidikan ke depan semakin berat dan komplek, terutama menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, gaji dan tunjangan guru serta aparatur pendidikan.

Sekretais Dewan pendidikan Pesisir Selatan Suherman mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten itu hendaknya menjadi perhatian serius oleh pemkab dan semua pihak, termasuk masyarakat.

Dalam upaya memajukan dunia pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi semua pihak termasuk masyarakat. (*)