Wako Dorong Pengembangan Usaha Kakao Rumah Tangga

id Usaha Kakao Padang

Padang, (AntaraSumbar) - Wali Kota Padang Mahyeldi mendorong pengembangan usaha olahan kakao skala rumah tangga di Kecamatan Bungus Teluk Kabung agar dikembangkan menjadi lebih besar.

"Salah satu yang harus ditingkatkan adalah memberi label pada kemasan serta memperluas bangunan tempat produksi," kata dia di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu saat mengunjungi unit pengolahan kakao yang dikelola gabungan kelompok tani Bungus Agro di Kampung Pinang, Kelurahan Bungus Timur, Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Menurut dia di Bungus Teluk Kabung lahan kakao cukup luas dan telah ada bantuan mesin pengolahan oleh sebab itu perizinan dan label harus disegerakan agar bisa berproduksi.

"Saya sudah coba produknya seperti coklat batangan dan minuman, rasanya tidak kalah dibanding yang lain," lanjut dia.

Jika dikembangkan, lanjutnya, ini akan menambah pendapatan warga setempat karena kakao pasarnya cukup terbuka.

Coklat sudah menjadi trend bagi sebagian masyarakat, ada banyak cafe yang menyediakannya, ujar dia.

Pada kesempatan itu wali kota meminta bangunan untuk memproduksi olahan kakao diperluas melalui agar lebih memadai.

Sementara Pengurus Gabungan Kelompok Tani Bungus Agro, Wati menyampaikan saat ini pihaknya masih uji coba memproduksi olahan kakao seperti serbuk coklat, lemak coklat, coklat batangan hingga minuman coklat.

Kalau bahan baku cukup, yang diperlukan saat ini adalah izin untuk membuat merek pada kemasan, ujar dia.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto berharap Pemkot Padang memberikan kemudahan dalam pemberian izin dan label agar usaha olahan kakao tersebut lebih berkembang. (*)