Anggota DPR-RI Saran Pembangunan Strategis Pesisir Selatan Dilanjutkan

id Darizal Basir, Pembangunan, Pesisir Selatan

Painan, (AntaraSumbar) - Anggota Komisi I DPR-RI, Darizal Basir menyampaikan saran dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan terkait pelaksanaan pembangunan strategis daerah itu ke depan.

"Semua ini saya sampaikan kepada bupati beserta kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar ke depan pembangunan yang tengah dan akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik," katanya di Painan, Senin.

Sejumlah saran dan masukan tersebut seperti kelanjutan pembangunan kompleks Islamic Centre di Sago Kecamatan IV Jurai, nama serta visi dan misi SMK Negeri 2 Painan sebagai SMK kelautan supaya dikembalikan lagi menjadi SMK Negeri Kelautan dan Perikanan, begitu juga dengan SMK Negeri 1 Ranah Pesisir juga dikembalikan menjadi SMK Negeri Pertanian.

Selanjutnya, pemkab diminta untuk melakukan inventarisasi aset tanah milik pemkab setempat, terutama di Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, peningkatan ruas jalan dua jalur Painan-Sago.

Ia juga meminta pemkab untuk melakukan inventarisasi kelanjutan pembangunan ruas jalan Pasar Baru-Alahan Panjang, peningkatan Jalan Cania Di Kecamatan Bayang, mekanisasi pertanian, pengembangan sektor kelautan dan perikanan serta pariwisata.

"Pada masa saya menjadi Bupati Pesisir Selatan (Darizal Basir) dulu cukup banyak pembangunan strategis yang saya lakukan seperti halnya yang dijelaskan tadi. Namun, sebagian besar pembangunan itu tidak lagi berlanjut setelah saya tidak menjadi bupati, salah satunya pembangunan kompleks Islamic Centre di Sago IV Jurai," sebutnya.

Menurutnya, komplek Islamic Centre dirancang untuk melahirkan insan-insan cendikia, beriman dan bertaqwa. Sebelumnya lahan untuk pembangunan sarana tersebut juga telah dibebaskan dari kepemilikan warga pada kepemimpinan Darizal Basir dahulu.

Terkait perubahan nama terhadap dua SMK Negeri di daerah itu yakni SMK Negeri Kelautan dan Perikanan menjadi SMK Negeri 2 Painan dan SMK Negeri Pertanian menjadi SMK Negeri 1 Ranah Pesisir dapat berdampak kurang bagus terhadap bantuan dari pemerintah pusat.

"Kami berharap semua saran dan masukan itu supaya direspon Bupati Hendrajoni agar pembangunan strategis yang betul-betul dibutuhkan masyarakat atau daerah dapat tercapai," tambahnya.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan, untuk membangun Pesisir Selatan ke depan yang lebih maju, sangat dibutuhkan saran dan masukan dari semua pihak, termasuk perantau dan lainnya.

"Semua saran dan masukan dari Darizal Basir itu sangat baik. Namun akan dikaji kembali agar pelaksanaannya lebih baik lagi. Saya akan membawanya untuk dibahas bersama SKPD dan pihak terkait lainnya, " ujarnya. (*)