542 Siswa SMKN Padang Panjang UN CBT

id Siswa SMKN Padang Panjang UN CBT

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Sebanyak 542 orang siswa di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer atau "computer based test" (CBT).

Kepala Bidang SLTP/SLTA Dinas Pendidikan Padang Panjang Murniati Kudus, Sabtu, mengatakan ujian berbasis komputer tersebut untuk setingkat SMK baru dilaksanakan di daerah itu.

"Ada dua SMK yang melaksanakan UN CBT, yakni SMKN 1 dengan jumlah murid 263 orang dan SMKN 2 sebanyak 279 orang. Semuanya 542 orang," katanya.

Ia menyebutkan, pelaksanaan UN CBT itu merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengurangi risiko kebocoran soal.

Pelaksanaan UN CBT itu juga tergantung dari kesiapan sekolah yang bisa menyediakan sarana dan prasarana komputer selama pelaksanaan UN.

"SMKN sudah bisa merakit komputer sendiri, sehingga dalam segi peralatan mereka sudah siap," ujarnya.

SMKN tersebut, katanya, sudah menyiapkan 40 unit komputer pada masing-masing sekolah yang akan dipergunakan oleh tiga orang murid setiap unit komputer.

"Satu komputer bisa tiga orang murid dengan cara bergantian. Satu orang akan melaksanakan UN selama lebih kurang dua jam," katanya.

Murid SMKN 2, Jellly mengaku sudah siap mengikuti UN CBT itu, karena pihak sekolah sudah memperkenalkan cara pelaksanaan UN berbasis komputer.

"Kami sudah melakukan berbagai percobaan untuk melaksankan UN CBT itu. Sekarang tinggal pelaksanaannya saja," katanya.

Pada ujian nasional berbasis komputer atau CBT, siswa akan mengerjakan soal ujian dengan menggunakan komputer yang akan berlangsung 4 sampai 7 April 2016. (*)