Legislator : Percepat Pembersihan Longsor Jalur Padang-Kerinci

id DPRD Percepat pembersihan longsor

Padang Aro, (AntaraSumbar) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Hardi Hasmi meminta pemerintah daerah mempercepat proses pembersihan jalan nasional Padang-Kerinci Provinsi Jambi yang tertimbun longsor.

"Pemerintah harus cepat tanggap terhadap masalah ini supaya tidak ada masyarakat yang dirugikan dan pembersihan harus lebih bagus lagi, jangan sampai longsor susulan terulang kembali", kata Hardi saat dihubungi melalui telepon selularnya dari Padang Aro, Sabtu.

Dia mengatakan, pihak kabupaten dan provinsi harus menjalin koordinasi yang bagus sehingga pembersihan jalan nasional ini tidak tertunda-tunda.

"Ini kan longsor susulan dan terjadi karena proses pembersihannya tidak maksimal, akibatnya yang dirugikan tetap masyarakat," katanya.

Sementara itu, Camat Pantai Cermin Syaiful Anwar mengatakan, saat ini sudah dikerahkan dua unit alat berat untuk membersihkan material longsor di Jorong Pisau Hilang Nagari Lolo.

"Dua unit alat berat sedang bekerja dan ini sudah berlangsung selama tiga hari sehingga tidak ada kendaraan yang bisa melintas untuk saat ini," katanya.

Dia menjelaskan,proses pembersihan kali ini dilakukan secara menyeluruh dan bukan hanya yang menimbun badan jalan.

Karena tanah di lereng bukit terus bergerak ke arah jalan, katanya, maka saat ini juga akan dibersihkan supaya tidak menimbun badan jalan lagi.

Dia menambahkan, di lokasi longsor sekarang tidak ada lagi masyarakat yang meminta uang sebagai pengamanan.

"Di lokasi jalan longsor saat ini sudah ditempatkan petugas kepolisian sehingga tidak ada lagi pemalak seperti teguran wakil gubernur," katanya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit geram dengan tindakan masyarakat sekitar jalan longsor karena meminta sumbangan dengan tarif Rp15 ribu.

"Mantan penjabat Bupati Solok Selatan lewat masih diminta Rp15 ribu dan para pemalak ini harus segera 'dihilangkan'," katanya.