Anggota DPR Serahkan Bantuan Korban Banjir Padang

id Bantuan Banjir Padang

Anggota DPR Serahkan Bantuan Korban Banjir Padang

Anggota DPR RI Hermanto (dua dari kiri) menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir di Batipuh Panjang Koto Tangah. (Foto Ikhwan Wahyudi/Antarasumbar)

Padang, (AntaraSumbar) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat (Sumbar) Hermanto menyerahkan bantuan kebutuhan pokok dari beberapa pihak berupa beras, minyak goreng dan lainnya kepada para korban banjir di Kecamatan Koto Tangah Padang.

"Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir di Batipuh Panjang, Koto Tangah, kami menyerahkan bantuan beras sebanyak satu ton, serta kebutuhan lainnya untuk meringankan beban warga," kata Hermanto di Padang, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu usai menyerahkan bantuan di Kampung Jambak, Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah dihadiri Wali Kota Padang Mahyeldi.

Menurut dia bantuan yang disalurkan merupakan partisipasi dari beberapa pihak yaitu Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumbar dan Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi sementara, Hermanto menyarankan warga Batipuh Panjang membuat dapur umum agar makanan yang dimasak dapat dibagikan serta dinikmati bersama.

"Saya juga akan mengecek kondisi sawah yang ada di Padang apakah ada yang gagal panen akibat banjir atau tidak," kata dia.

Sementara Kepala Bulog Sumbar Benhur Nkaime mengatakan pihaknya akan membantu dapur umum di Batipuh Panjang.

Batipuh Panjang merupakan daerah terparah yang direndam banjir pada Senin (22/3) malam dengan ketinggian air yang merendam permukiman mencapai dua meter.

Salah seorang warga setempat Eka mengatakan saat ini warga masih membersihkan rumah yang dipenuhi lumpur.

"Memasuki hari ke empat air sudah surut, tapi lumpur masih banyak yang harus dibersihkan," lanjut dia.

Menyikapi hal itu Wali Kota Padang Mahyeldi langsung memerintahkan Pemadam Kebakaran membantu menyiram air di pemukiman warga untuk membersihkan lumpur. (*)