Bupati Solok Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir

id Bupati Solok

Arosuka, (Antara) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal menyerahkan bantuan sebesar Rp40 juta untuk masyarakat di tiga nagari (desa adat) yang menjadi korban bencana banjir dan longsor yang terjadi pada Selasa (22/3).

"Bantuan yang dananya berasal dari Yayasan Gotong Royong Jakarta ini diharapkan dapat meringankan beban warga yang menjadi korban banjir dan longsor," katanya ketika mengunjungi Nagari Koto Baru untuk menyerahkan bantuan, Rabu.

Bupati mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak Senin malam (21/3) telah menyebabkan banjir dan longsor di tiga nagari paling parah, yakni Nagari Koto Baru, Nagari Selayo, kemudian Nagari Aripan.

"Banjir juga dialami oleh masyarakat di nagari lain, namun tiga nagari ini paling parah sehingga perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah," katanya.

Bantuan itu diberikan sebesar Rp7,5 juta kepada keluarga Hendri, korban tanah longsor di Guak Rantau, Nagari Koto Baru, dan Rp10 juta untuk keluarga Hardison yang rumahnya mengalami rusak parah akibat peristiwa serupa di Lurah Nan Tigo, Nagari Selayo.

Bantuan juga diberikan sebesar Rp1 juta kepada keluarga Zulkifli yang rumahnya berdekatan dengan rumah korban Hendri.

Namun karena rumah Zulkifli tidak mengalami kerusakan yang parah, keluarga itu diberi uang sebesar Rp1 juta untuk membersihkan rumahnya dari kotoran tanah longsor.

Sementara di Nagari Aripan, Bupati menyerahkan uang sebesar Rp4 juta kepada keluarga Safli, dimana anggota keluarganya menjadi korban hanyut saat banjir.

Selain itu pemerintah setempat juga memberikan bantuan berupa sembako untuk 700 kepala keluarga yang menjadi korban banjir di nagari itu.

Usai menyerahkan bantuan Bupati Gusmal memberi motivasi kepada masyarakat setempat agar tetap bersemangat melanjutkan hidup.

"Tetaplah beraktivitas dengan baik, tabah dan tawakkal menghadapi cobaan yang datang dari Allah, kita senantiasa berserah diri kepada-Nya agar kita semua selalu dalam lindungan-Nya," kata Gusmal.

Kepada masyarakat yang tidak menjadi korban agar mau bersama-sama membantu saudara yang terkena musibah, bergotong royong memperbaiki rumah yang rusak dan fasilitas umum lainnya.

"Tingkatkan kewaspadaan apalagi Kabupaten Solok termasuk salah satu daerah rawan bencana banjir dan longsor," katanya.

Saat menyerahkan bantuan Bupati Gusmal didampingi Kepala BPBD Kabupaten Solok Abdul Manan, Kasatpol PP Raflis, Camat Kubung Feri Hendria, Camat Singkarak Irwan Efendi, dan Wali Nagari Koto Baru, Selayo dan Aripan. (*)