267 Peserta Ikut Pertemuan "Bali Process"

id Bali Process, Nusa Dua, Bali

Nusa Dua, (AntaraSumbar) - Sebanyak 267 peserta, 17 orang di antaranya menteri dari 48 negara di belahan dunia ikut ambil bagian dalam pertemuan internasional "Bali Process" membahas "Regional Ministerial Conference of Bali Process on People Smuggling" di Nusa Dua, Bali selama dua hari, 22-23 Maret 2016.

Pertemuan "Bali Process" yang dimulai hari Selasa, didahului dengan pertemuan pejabat tinggi, menyusul Rabu (23/3) pertemuan tingkat menteri.

Pertemuan tersebut juga diikuti delegasi dari lima negara pengamat dan enam organisasi internasional. Sementara dalam pertemuan tersebut tercatat sebanyak 34 media yang meliputnya.

Direktorat Informasi dan Media Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia dalam siaran pers menjelaskan, Bali Process ke-6 merupakan pertemuan yang digelar untuk menjawab masalah penyelundupan orang, perdagangan orang serta tantangan-tantangan dalam migrasi ireguler.

Dalam pertemuan dua hari tersebut diharapkan mampu menghasilkan dokumen yang memuat hasil pembahasan dari Bali Process on People Smuggling ke-6 tentang komitmen negara anggota untuk mengambil langkah efektif, terkoordinasi dalam penanganan arus imigrasi ireguler.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi akan melakukan sembilan kali pertemuan bilateral dan menerima kunjungan kehormatan dari berbagai negara sahabat dan perwakilan dari organisasi internasional.

Di sela-sela pertemuan Bali Procees ke-6, sebelumnya telah dilakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Australia di Jakarta pada 21 Maret 2016 lalu. (*)