FKSS Rapat Sinkronisasi dengan SKPD Jalankan Program Kesehatan

id FKSS, Kabupaten Solok

Arosuka, (AntaraSumbar) - Forum Kabupaten Solok Sehat (FKSS) menggelar rapat sinkronisasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah daerah setempat dalam rangka menjalankan program kerja yang telah dibuat, Selasa.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin di Arosuka, Selasa, meminta FKSS untuk dapat melaksanakan program yang telah disusun, dapat disinergikan dengan SKPD terkait di lingkup pemerintahan daerah setempat.

"Pemerintah daerah juga akan terus mendorong agar FKSS dapat merealisasikan program kerjnya untuk menciptakan Masyarakat Kabupaten Solok yang sehat," katanya.

Wakil Bupati berharap adanya program nyata dan program unggulan FKSS, dalam pencapaian program Forum Kabupaten Sehat serta dukungan nyata dari SKPD terkait tentu dengan sinergisitas yang baik pula antara FKSS dengan SKPD terkait tersebut.

"Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dengan telah terbentuknya FKSS ini, karena forum ini adalah sebagai perwakilan dari masyarakat dalam menciptakan hidup sehat, lingkungan sehat dan masyarakat yang sehat," tutur Wakil Bupati.

Ia juga berharap agar FKSS bisa segera membentuk kepengurusan sampai pada tingkat jorong di daerah itu, sehingga bisa dibuat aksi bersama dan pencanangan untuk memulai aksi Kabupaten Solok yang sehat.

"Pemkab Solok juga akan terus ikut mendorong adanya regulasi agar kehidupan masyarakat yang sehat benar- benar dapat terealisasi. Seiring dengan telah terbentuknya kepengurusan FKSS ini," katanya.

Ketua FKSS H. Syafrizal Ben mengatakan, sesuai dengan program kerja yang telah dibuat, maka pengurus forum memandang perlunya sinkronisasi antara forum dengan SKPD dalam mewujudkan Kabupaten Solok Yang Sehat.

Ia menyebutkan, FKSS juga berfokus dalam mewujudkan empat pilar pembangunan yang salah satunya ada dalam Kegiatan Kabupaten Sehat, yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat daerah itu dengan sedemikian rupa.

"Tujuan dari Kabupaten Solok sehat adalah Ingin tercapainya Kabupaten Solok yang aman, nyaman dan sehat untuk warganya," kata Syafrizal Ben.

Ia menerangkan, target FKSS selanjutnya kedepan adalah terbentuknya forum ini sampai pada tingkat kecamatan dan pokja di nagari diwilayah Kabupaten Solok, demi tercapainya program yang telah disusun oleh pengurus forum.

"Dengan jenjang yang ingin dicapai forum adalah Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan Pengembangan (Wistara)," katanya.

Acara rapat sinkronisasi FKSS dengan SKPD terkait itu dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr H. Mirsal dan seluruh SKPD setempat, para camat di lingkup pemerintah Kabupaten Solok. (*)