SMKN 2 Padang Siap Laksanakan UN BK

id UN BK, SMKN 2 Padang, Padang

Padang, (AntaraSumbar) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang menyatakan siap sebagai sekolah satu-satunya di kota itu yang melaksanakan ujian nasional (UN) berbasis komputer (BK).

"Siswa siap, perlengkapan siap, informasi kepada orang tua juga sudah, rasanya hanya menunggu hari pelaksanaannya saja," kata Kepala SMKN 2 Padang, Raymond di Padang, Kamis.

Ia menyebut, dari dua kali uji coba berbasis komputer yang sudah dilakukan semua berjalan lancar dan tidak ada masalah, akan tetapi sebelum hari pelaksanaannya akan dilaksanakan uji coba terakhir pada 26 Maret. 2016

Untuk SMK, ujian nasional akan berlangsung selama empat hari yaitu dari 4 sampai 7 April 2016.

"Berdasarkan jumlah siswa yang mengikuti UN hanya butuh lima dari tujuh labor yang dimiliki oleh SMKN 2, sehingga melebihi syarat ketentuan untuk melaksanakan UN BK," jelasnya.

Jumlah siswa dari sekolah tersebut yang mengikuti UN BK adalah sebanyak 406 orang dari 7 program keahlian.

Ia mengatakan, sekolah tersebut mempunyai fasilitas sangat lengkap, karena memang mempunyai jurusan teknik informatika, komputer, jaringan dan rekayasa perangkat lunak, serta multimedia.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pemadaman bergilir yang sering terjadi di daerah tersebut, pihak sekolah menyiapkan genset yang bisa menghidupkan lima labor, sementara dua lainnya mati.

Selain itu, pihak SMKN 2 Padang juga sudah mengirimkan surat kepada PLN berisi permohonan agar tidak ada pemadaman bergilir di wilayah simpang haru, khususnya SMKN 2 karena sedang menyelenggarakan UN berbasis komputer.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi menjelaskan hanya satu sekolah saja di daerah itu yang melaksanakan UN BK, selebihnya akan dilaksanakan secara manual.

"Hanya satu sekolah yang siap dan fasilitasnya memenuhi persyaratan untuk mengikuti UN BK," katanya. (*)