Agam Anggarkan Rp400 Juta Penerangan Pusat Kota

id Penerangan Lampu Jalan, Pemkab Agam

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam pada 2016 menganggarkan dana sebesar Rp400 juta untuk penerangan pusat kota di daerah itu.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Agam, Azwir di Lubuk Basung, Senin, mengatakan dana sebesar Rp400 juta ini akan digunakan untuk pengadaan 100 bola lampu jenis merkuri dengan dana sebesar Rp200 juta.

Lalu, memasang sebanyak 40 unit penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya atau solar cell sebanyak 10 unit dengan harga Rp200 juta.

"Lampu merkuri ini dengan harga Rp2 juta per unit dan lampu solar cell dengan harga Rp20 juta per unit. Dana ini berasal dari APBD 2016," katanya.

Ia menambahkan, ke 100 unit lampu merkuri ini digunakan untuk menganti bola lampu yang rusak di sepanjang jalan.

Sementara 10 unit PJU solar cell ini akan dipasang di Gor Rang Agam sebanyak enam unit dan Simpang Ampek Padang Baru Lubuk Basung sebanyak empat unit.

"Saat ini 100 unit lampu merkuri dan solar cell sedang dalam proses pengadaan dan dalam waktu dekat akan dipasang," katanya.

Semenjak 2011, pihaknya telah menganti sebanyak 600 unit lampu merkuri yang telah rusak dan sekitar ratusan solar cell yang telah dipasang.

Kedepan, pihaknya mengimbau warga agar menjaga dan merawat lampu tersebut, agar lampu ini tetap aman untuk beberapa tahun kedepan.

Salah seroang warga Lubuk Basung, Riki Aleksander menyambut baik pemasangan dan perbaikan lampu yang ada di daerah itu, karena dapat memberikan penerangan bagi penguna jalan.

"Selama ini di kawasan Gor Rang Agam masih kurang penerangan, sehingga rawan terhadap kejahatan," katanya. (*)