UNP Wisuda Canangkan Menuju Kampus Kelas Dunia

id UNP Canangkan menuju kampus kelas dunia

Gerbang UNP. ( )

Padang, (AntaraSumbar) - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Dr Phil Yanuar Kiram menyatakan, bahwa kampus yang dipimpinnya tengah menuju sebagai kampus berkelas internasional atau dunia (World Class University).

"Dalam merespon tantangan global sekaligus menyambut berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada Desember 2015, kampus sebagai lembaga pendidikan juga harus memacu diri. Komitmen kami mendapatkan status sebagai World Class University," kata dia, dalam acara wisuda UNP ke-105, di Padang, Sabtu.

Ia menegaskan, komitmen menuju kampus kelas dunia itu bukanlah suatu kemegahan ataupun kesombongan. Melainkan sebagai jalan mewujudkan cita-cita pendidikan tinggi yang bermutu.

"Itu jalan dalam mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu, berkualitas, dan menghasilkan sesuatu. Baik itu lulusannya, hasil penelitian, karya-karya ilmiah, dan lain-lain, yang kesemuanya itu mampu bersaing di dunia internasional" jelasnya.

Ia menjelaskan terdapat beberapa tolak ukur untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa diantaranya adalah fasilitas belajar berstandar internasional, 40 persen dosen bergelar Doktor, 20 persen dari jumlah total mahasiswa adalah pascasarjana (S2, S3), serta banyaknya karya ilmiah dosen yang dipublikasi melalui jurnal ilmiah yang memiliki reputasi dan diakui dunia internasional.

Selain itu, kata Yanuar, juga harus memiliki dan melaksanakan penelitian bersama dengan perguruan tinggi luar negeri. Serta hasil penelitian yang dilakukan memiliki inovasi dan kontribusi pada dunia industri untuk peningkatan produksi nasional, serta daya saing nasional.

Ia mengatakan, tolak ukur tersebut dirasa tidak begitu jauh dengan kondisi UNP saat ini jika terus melakukan perubahan setiap waktunya.

Saat ini kampus berslogan "Alam Takambang Jadi Guru" itu, telah memiliki sebanyak 949 dosen, 50 di antaranya bergelar profesor. Sementara yang tengah melanjutkan studi S2 berjumlah 35 orang, dimana 33 dosen di antaranya melakukan studi di luar negeri.

"Untuk S3 ada 206 dosen, dengan rincian dalam negeri 156 orang, dan luar negeri 50 orang. Tak lama lagi akan mulai selesai, Insya Allah pada 2018 jumlah dosen S3 kami berjumlah 403 orang," ungkapnya.

Dengan berdasarkan hal tersebut, lanjutnya, ia mengaku optimis UNP dapat meraih target menuju kampus berkelas dunia itu.

Sementara untuk 3.340 mahasiswa yang diwisuda, Yanuar Kiram berpesan agar dapat segera mendharmabaktikan kemampuan di bidang pekerjaan sesuai dengan ilmu yang didapatkan di jurusan ataupun Program Studi masing-masing.

"Kami yakin saudara dapat menerapkan semua ilmu, dan juga ikut mengambil kesempatan dalam era MEA saat ini," katanya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Staf ahli Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RI) Abdul Wahid Maktub, yang hadir dalam acara wisuda UNP ke-105 tersebut.

"Selamat kepada wisudawan, momen yang tepat dengan MEA. Kesempatan semakin terbuka untuk memraktekan ilmu," jelasnya.

Ia mengingatkan agar para wisudawan/ti tak lagi takut terhadap masa depan, dan mulai membangun pemikiran berbuat sesuatu untuk orang lain, termasuk negara.

Sebelumnya, 3.340 mahasiswa yang diwisuda di Gedung Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP itu, memiliki rincian program Diploma (D2) sebanyak 22 orang, D3 sebanyak 257 orang, D4 dan S1 Kependidikan sebanyak 1.984 orang, D4 dan S1 Non Kependidikan 547 orang, Magister 520 orang, Doktor 22 orang, serta Pendidikan Profesi (konselor) sebanyak 23 orang.
Pewarta :
Editor: M R Denya
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar