2016, Kabupaten Solok Targetkan 500.000 Wisatawan

id Kunjungan Wisata, Kabupaten Solok

Arosuka, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok menargetkan kunjungan setengah juta wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke daerah itu pada 2016.

"Melihat prospek kunjungan wisatawan tahun 2015 yang hampir mendekati angka 500 ribu kunjungan, kami optimistis dan berharap pada 2016 kunjungan wisatawan bahkan bisa lebih dari setengah juta wisatawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Solok, Alfajri di Arosuka, Jumat.

Ia menyebutkan, Kabupaten Solok saat ini memiliki 180 obyek wisata alam, budaya, sejarah, religius dan wisata kuliner lainnya. Objek wisata ini yang tersebar di 74 nagari (desa adat) di 14 wilayah kecamatan di daerah itu.

Kabupaten Solok, katanya, selain memiliki Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah atau yang lebih dikenal dengan Danau Kembar, juga memiliki Danau Talang yang terletak di dekat puncak kawah Gunung Talang serta Danau Tuo di Nagari Koto Sani Kecamatan X Koto Singkarak.

Ia menerangkan, obyek wisata alam, budaya, sejarah dan lainnya itu, sejak beberapa tahun terakhir, setiap harinya ramai dikunjungi oleh ratusan wisatawan lokal dan mancanegara.

Wisatawan domestik seperti dari daerah provinsi tetangga Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan bahkan dari Jakarta, terlihat setiap hari singgah menikmati keindahan obyek wisata di sepanjang kawasan Gunung Talang, Singkarak dan Danau Kembar.

Obyek wisata Taman Bunga Arosuk dengan ikon patung tugu Ayam Kokok Balnggeknya yang terkenal itu, setiap hari menjadi obyek wisata favorit yang paling banyak dikunjungi wisatawan lokal atau mancanegara.

Karena lokasinya memang berada di tepian jalan lintas Solok-Padang, persis di depan kompleks perkantoran Bupati Solok di Arosuka.

Sehingga pengunjung bisa memberhentikan kendaraannya di pinggir jalan, untuk kemudian beristirahat sejenak menikmati keindahan Taman Bunga Arosuka itu.

Terutama pada waktu sore hari, ratusan wisatawan berekreasi dengan keluarga masing-masing, bersantai bermain di kawasan Taman Bunga Rosuka.

Selain itu, katanya, obyek wisata pemandian air panas Bukit Gadang di Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya dan pemandian air panas di Bukit Kili Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung, setiap hari terutama sore hingga malam hari selalu dikunjungi ratusan wisatawan.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok, katanya, juga terus mengedepankan empat aspek penting menyangkut sektor budaya dan kepariwisataan di daerah itu.

Pertama yang berkaitan dengan masalah pembangunan destinasi wisata, kedua pemasaran pariwisata, ketiga industri pariwisata dan keempat yang berhubungan dengan kelembagaan pariwisata.

"Empat aspek penting tersebut juga diselaraskan dengan Sapta Pesona sebagai unsur pengembangan dan pengelolaan daya tarik wisata di Indonesia yang terdiri dari Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan," katanya. (*)