TMSBK Bukittinggi akan Ditutup Sementara untuk Revitalisasi

id TMSBK Bukittinggi

Bukittinggi, (Antara) - Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, akan ditutup untuk pengunjung selama pengerjaan revitalisasi yang akan dilakukan.

"TMSBK telah ditunjuk sebagai proyek percontohan kebun binatang milik pemerintah sehingga kandang-kandang satwa akan direnovasi sesuai desain yang telah disiapkan," kata Kepala Bidang TMSBK Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bukittinggi, Ikbal di Bukittinggi, Jumat.

Ia mengatakan, revitalisasi itu ditargetkan dimulai pada pertengahan tahun ini dan akan memakan waktu selama dua tahun.

"Namun kami akan usahakan agar pengerjaan dapat berjalan lebih cepat supaya dapat segera dibuka kembali bagi masyarakat," lanjutnya.

Untuk pengerjaan tersebut semuanya akan diurus oleh pihak pusat. Selama revitalisasi, pemindahan lokasi satwa-satwa direncanakan dilakukan oleh pihak Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Kami akan lakukan koordinasi dengan pihak BKSDA terkait hal itu," tambahnya.

Di samping revitalisasi kebun binatang, pembinaan bagi para penjaga satwa juga akan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan para petugas tersebut.

"Saat ini ada 50 orang petugas terdiri dari petugas perawatan satwa, kandang, pakan, kebersihan, keamanan dan ketertiban. Umumnya petugas penjaga satwa tidak memiliki latar belakang konservasi, namun memiliki kemauan untuk berdekatan dan menjaga satwa," katanya.

Salah seorang petugas penjaga khusus satwa burung, Ramli mengatakan, menyambut baik setiap program pembinaan petugas penjaga satwa yang dilakukan tersebut.

"Kami selalu menyambut baik setiap pembinaan bagi penjaga satwa yang dilakukan karena sangat bermanfaat bagi kami dalam pelaksanaan tugas," ujarnya.

Ia berharap, melalui pembinaan kemampuan dan wawasan petugas penjaga satwa lainnya di kebun binatang itu dapat lebih berkembang. (*)