BNNP Sumbar Berikan Bimtek Otomotif Kepada Pemuda

id BNNP Sumbar

Padang, (Antara) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat, memberikan bimbingan teknis (bimtek) otomotif kepada 30 orang pemuda Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Kamis.

"Dalam bimtek ini para peserta diberi pengetahuan tentang item-item yang terdapat dalam satu unit sepeda motor cara merawat serta jalan keluar apabila item itu mengalami kerusakan," kata Kepala BNNP Sumbar, M. Ali Azhar melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumbar, Raymond di Padang, Kamis.

Setelah bimbingan teknis ini berakhir para peserta yang tertarik menambah pengetahuannya di bidang otomotif bisa menghubungi pihaknya untuk diberikan bimtek lanjutan.

"Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari, apabila ada di antara peserta yang tertarik bisa menghubungi kami dan akan diberikan bimtek tambahan dan pastinya gratis," ucapnya.

Ia mengatakan bimtek ini sengaja dilaksanakan dan dikhususkan kepada pemuda yang belum memiliki pekerjaan dengan harapan mereka memiliki pengetahuan seputar otomotif dan bisa mencari nafkah dari pengetahuannya itu.

"Maksud dari bimtek ini guna menjadikan pemuda-pemuda lebih produktif lagi dan apabila mereka produktif maka tidak akan tertarik mencari uang dengan cara memperjualbelikan narkoba," katanya.

Dari beberapa kasus narkoba yang terbongkar kebanyakan di antara pengedar dan kurir barang haram itu mengaku melakoni pekerjaan karena desakan ekonomi.

"Jadi dengan bimtek ini kami merangkul pemuda untuk tidak menjadi aktor dalam praktik peredaran gelap narkoba," jelasnya.

Sementara itu, Agus (27) seorang peserta menyambut baik kegiatan bimtek yang digelar BNNP Sumbar karena menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan peserta lain.

"Biasanya kalau pelatihan begini bayar tapi BNNP menyediakan secara gratis dan saya berencana akan mendalami pengetahuan otomotif secara mendalam sebagai persiapan mencari pekerjaan," tutupnya. (*)