Lembaga Penelitian: Ekonomi Inggris Melambat Jadi 0,3 Persen

id Lembaga Penelitian

London, (Antara/Xinhua) - Pertumbuhan PDB kuartalan Inggris turun menjadi 0,3 persen pada Desember lalu, Institut Nasional Penelitian Ekonomi dan Sosial (NIESR) mengatakan Rabu.

Angka ini turun dari pertumbuhan triwulanan 0,4 persen yang terlihat dalam rilis bulan lalu, dan jatuh dari 0,6 persen yang terlihat dalam angka November.

Jack Meaning, peneliti di NIESR, mengatakan: "Angka-angka saat ini sangat terbebani oleh kontraksi pada Desember secara bulan-ke-bulan."

Penurunan tajam dalam angka tiga bulanan adalah bagian dari "volatilitas yang melekat" dalam beberapa rangkaian, kata Meaning. Pada November, angka pertumbuhan di 0,6 persen dan sekarang sudah 0,3 persen.

Meaning menambahkan: "Jika Anda melihat ini dalam konteks rangkaian lebih panjang, kita akan memperkirakan volatilitas dari bulan ke bulan. Tapi itu belum seperti volatil dalam sejarah baru-baru ini, seperti yang kita sangka, jadi ini hanya bagian dari volatilitas alami yang kita perkirakan dapat lihat."

Pertumbuhan 0,4 persen yang NIESR perkirakan untuk kuartal pertama 2016 adalah sama seperti untuk kuartal pertama tahun lalu, kata Meaning.

"Kami masih berpikir bahwa pertumbuhan dekat dengan tingkat potensial," tambahnya. (*)