Lembaga Lintas Sektoral Diajak Sukseskan PIN Polio

id PIN Polio, Lembaga Lintas Sektor

Lembaga Lintas Sektoral Diajak Sukseskan PIN Polio

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Solok Selatan, Selasa (8/3). (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Sarilamak, (AntaraSumbar) - Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi mengajak semua lembaga sektoral yang ada di daerah itu untuk menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) 2016.

"Kerja sama lintas sektoral harus dijalin dengan baik guna tercipta pelayan yang baik bagi masyarakat," kata dia saat Pencanangan PIN Polio tingkat kabupaten di Koto Tangah Simalanggang, Selasa.

Ia menambahkan, sekarang terlihat hanya Dinas Kesehatan saja yang fokus melaksanakan program tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan PIN Polio serentak seluruh Indonesia dari 8 sampai 15 Maret 2016 yang sasaran balita umur 0 hingga 59 bulan untuk memberikan perlindungan terhadap virus polio.

Ia mengatakan pihaknya akan memperhatikan kerja keras anggota kader posyandu yang tidak mengenal lelah melayani masyarakat tanpa balas jasa.

"Kedepan kami akan berikan penghargaan terhadap kader-kader posyandu dengan sebuah piagam atau sertifikat, di samping mengupayakan peningkatan honor minimal Rp50.000," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota, Adel Nofiarman melaporkan PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita sehingga mereka terhindar dari penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio.

Anak yang terkena penyakit polio adalah anak di bawah umur 15 tahun yang akibatnya menderita lumpuh layu akut, dimana kelumpuhan dimulai dengan gejala deman dan nyeri otot.

Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Syafaruddin berharap pemerintah daerah memperhatikan kader posyandu yang memberikan pelayanan terpadu dalam masalah kesehatan masyarakat.

"Mereka membutuhkan perhatian, di samping melakukan tugas dengan tulus dan ikhlas dalam meningkatkan kesehatan masyarakat," ujarnya. (*)