Pelantikan Bupati Solok Selatan Tunggu Isyarat Mendagri

id Pelantikan Bupati Solok Selatan

Padang, (Antara) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), belum menerima perintah pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Solok Selatan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga pelantikan belum dijadwalkan hingga saat ini.

"Surat Keputusan (SK) Mendagri telah ada. Tetapi perintah pelantikan belum. Kami masih menunggu," kata Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumbar, Mardi di Padang, Selasa.

Menurutnya, begitu perintah pelantikan diterima, jadwal akan segera ditetapkan.

Meski demikian, ia menduga, pelantikan akan dilakukan pada pertengahan Maret 2016 seperti rencana semula.

"Kalau benar, maka pelantikan bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria dan Abdul Rahman akan dilakukan di Auditorium Gubernuran Sumbar, seperti halnya pelantikan 12 pasangan bupati/walikota pemenang Pilkada serentak pada 17 Februari," sebutnya.

Sebelumnya, penundaan pelantikan bupati tersebut terjadi karena ada gugatan terhadap hasil penghitungan suara pilkada Solok Selatan ke Mahkamah Konstitusi oleh pasangan Khairunas dan Edi Susanto.

Keputusan MK yang menolak gugatan Khairunas dan Edi Susanto, keluar satu hari sebelum pelantikan kepala daerah gelombang I dilaksanakan, menyababkan pelantikan bupati Solok Selatan tidak bisa dilakukan secara serentak dengan 12 kepala daerah lain.

Saat ini, Solok Selatan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati yaitu Kepala Inspektorat Sumbar, Erizal yang dilantik Kamis 20 Agustus 2015 oleh Penjabat Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Monoek. (*)