Presiden akan Tinjau Objek Wisata Danau Toba

id Presiden Jokowi, Danau Toba

Presiden akan Tinjau Objek Wisata Danau Toba

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO)

Jakarta, (AntaraSumbar) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Sumatera Utara, Selasa pagi untuk meninjau pengembangan pariwisata Danau Toba.

Presiden Jokowi dan rombongan bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 08.35 WIB.

Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana menyebutkan Danau Toba adalah salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas.

Sembilan destinasi lainnya adalah Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang.

Dalam rapat terbatas pada 2 Februari 2016, Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada menteri-menteri terkait agar dalam pengembangan Danau Toba dilakukan penguatan konektivitas dan aksesibilitas, seperti bandara, jalan, dan pelabuhan.

"Saya juga menekankan agar disiapkan 'branding' untuk pemasarannya, pelayanan yang berstandar internasional, atraksi-atraksi seni budaya dengan koreografi yang baik, desain yang menarik yang mempunyai kelas," ucap Presiden dalam ratas tersebut.

Untuk itulah, Selasa pagi ini, Presiden bertolak ke Sumatera Utara untuk meninjau kawasan Danau Toba.

Selain meninjau kawasan Danau Toba, Presiden juga akan memimpin rapat tentang pengembangan Danau Toba dengan Menteri Pariwisata, Plt Gubernur Sumatera Utara dan para bupati sekitar Danau Toba.

Tiga Provinsi

Kunjungan ke Danau Toba ini merupakan rangkaian hari pertama kunjungan Presiden ke tiga provinsi yakni Sumatera Utara, Aceh dan Sumatera Selatan yang direncanakan akan berlangsung selama tiga hari.

Presiden dan rombongan berangkat menuju Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Tiba di Kualanamu, Presiden dan rombongan berganti pesawat dengan menggunakan CN-295 menuju Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara dan melanjutkan perjalanan menuju Danau Toba dengan berkendaraan mobil.

Presiden dan rombongan akan menuju Medan pada sore harinya untuk bermalam.

Pada Rabu (2/3), Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Takengon untuk peresmian Bandara Rembele-Takengon, Provinsi Aceh.

Dari Aceh, Presiden akan kembali ke Sumatera Utara untuk meninjau beberapa proyek infrastruktur seperti jalur kereta api dan jalan tol.

Pada hari ketiga, sebelum kembali ke Jakarta, Presiden akan meninjau pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan.

Presiden dan rombongan direncanakan akan tiba di Jakarta pada Kamis (3/3) sore. (*)