Forum Nagari Lakukan Penghijauan di Lubuk Kilangan

id Forum Nagari

Padang, (Antara) - Forum Nagari Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat bekerja sama dengan PT Semen Padang menggelar program penghijauan pada sejumlah kelurahan di Kecamatan Lubuk Kilangan dengan memberikan bibit pohon gratis kepada warga.

"Pemberian bibit pohon untuk menghijaukan kembali Lubuk Kilangan terutama di pekarangan rumah warga," kata Ketua Ketua Forum Nagari Kelurahan Indarung, Darmansyah Siroen di Padang, Kamis.

Pada kesempatan itu Forum Nagari menyerahkan 300 bibit pohon produktif jenis mangga harum manis dan jeruk gunung omeh d kepada warga di RW 3 Blok M Kelurahan Indarung.

Ia menyampaikan tanaman yang diberikan beraneka ragam mulai dari tanaman produktif hingga pelindung.

Ketua RW 03 Blok M Indarung Edwar menyambut baik pemberian bibit pohon dan berharap warga dapat merawat pohon yang ditanam.

Sementara, Kepala Biro CSR PT Semen Padang, Dasril mengatakan kegiatan penghijauan yang dilakukan Forum Nagari Lubuk Kilangan itu merupakan program yang telah disepakati bersama masyarakat.

"Semen Padang hanya memfasilitasi kebutuhan yang dianggap perlu untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

"Kegiatan penghijauan itu merupakan program Elok Nagari dari Forum Nagari Lubuk Kilangan. Forum ini merupakan bentukan dari masyarakat untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan dari warga," tuturnya.

Forum Nagari yang merupakan wadah perhimpunan Lembaga-lembaga Sosial Ekonomi Masyarakat, Kerapatan Adat Nagari dan pemangku kepentingan, pembentukannya diprakarsai PT Semen Padang yang didekalarasikan di Bukittinggi pada 31 Januari 2015.

Dasril mengatakan tujuan dibentuknya Forum Nagari untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, pemerintah dan perusahaan dalam mengoptimalkan sumberdaya, keahlian dan adat nagari secara berkelanjutan. (*)