Forki: Dana TC Atlet harus Diberikan Tepat Waktu

id Forki Sumbar, Dana TC Atlet

Padang, (AntaraSumbar) - Sekretaris Umum Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Sumatera Barat (Sumbar), Henddy Adrian Luthan menyarankan agar dana "training center" atau pemusatan latihan mandiri diberikan tepat waktu kepada atlet.

"Biasanya pihak KONI baru akan memberikan dana TC tersebut setelah bulan keempat, jadi selama empat bulan atlet tersebut memakai uang pribadi sedangkan kebanyakan dari atlet ini masih berstatus mahasiswa," ujarnya di Padang, Selasa.

Padahal, lanjutnya hampir semua cabang olahraga telah memasuki persiapan umum, sehingga membutuhkan pasokan suplemen yang lebih banyak untuk mendorong program latihan keras pada atlet.

"Jika tidak ditunjang suplemen dan gizi yang baik, maka tidak akan memberi hasil yang maksimal. Lalu para atlet harus mencari cara dalam memenuhi kebutuan suplemen tersebut dengan utang dimana-mana," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum II KONI Sumbar, Handrianto mengakui saat ini dana TC tersebut memang belum dicairkan dan saat ini masih dalam proses administrasi.

"Memang seharusnya dibayarkan perbulannya namun saat ini masih terkendala dengan pendataan. Namun kami targetkan akan selesai pada awal maret 2016," ujarnya.

Ia mengatakan, pendataan yang teliti dari pihaknya ini untuk mengantisipasi supaya tidak kesalahan dalam pembayaran. (*)