AIESEC Ajak Anak-anak Bersihkan Pantai Padang

id anak#pantai#bersi

AIESEC Ajak Anak-anak Bersihkan Pantai Padang

AIESEC Universitas Andalas Padang ajak anak-anak sekolah bersih-bersih pantai Padang. (c)



Padang (Antara) Sekilas pengetahuan tentang AIESEC, merupakan sebuah organisasi internasional yang berfokus kepada pengembangan jiwa kepemimpinan pada anak muda yang dijalankan oleh mahasiswa. AIESEC di Indonesia terdiri tersebar di beberapa peguruan tinggi, salah satunya di Universitas Andalas.



Organisasi ini aktif dalam mengangkat event yang bertemakan social, salah satunya adalah PboX Wifu .

Pbox Wifu merupakan singkatan dari Project Based On Exchange: We are here for you.

Project ini merupakan project yang berfokus kepada pengembangan anak dalam beberapa hal, seperti : Kebersihan lingkungan, kepedulian terhadap teman yang menderita penyakit berat, dan lain-lain.



Project ini mengundang teman-teman dari luar negri atau sering disebut Intern untuk ikut dalam menjalankan acara ini, yang mana mereka yang akan bertugas mengajak dan berbaur bersama anak-anak dalam mengikuti serangkaian acara. Project ini salah satu event tahunan yang diselenggarakan AIESEC di Universitas Andalas.

Setiap tahunnya memiliki perbedaan bentuk jenis event, untuk Event pada tahun ini berlangsung selama dua bulan dengan mengadakan empat event besar dengan mengusung beberapa tema, yaitu : One Sack For Healthier Earth ( memungut sampah di pantai padang ), Hospital Visit ( berkunjung ke rumah sakit ), Wifu goes to Mentawai ( Mengunjungi anak-anak di Mentawai ), dan acara terakhir yaitu Day to Remember ( acara penutupan ).

Selain itu, para Intern itu juga bakal mengajar di beberapa sekolah ( SD 03 Alay, SD 02 & SD 04 Tarandam, SD 08 Alang Laweh, SD 27 Olo Ladang ), panti asuhan ( Panti asuhan An-Nisa Sawahan ) dan sekolah luar biasa ( SLB Mangunsakoro ).

Project ini sangat disambut baik oleh beberapa pengusaha di kota Padang, mereka tak segan untuk mejadi sponsor acara Wifu tahun ini, sperti: Safari Garden, Indomilk, Mormo, dan Kubik Coffee. Mereka membuktikan dan mendukung pengembangan anak-anak di kota Padang itu sangat penting.

Event pertama dari project ini telah selesai dilaksanan pada Hari Sabtu 16 Januari kemarin, event pertama itu diadakan di SD 27 Olo ladang, Acara ini mengusung tema One Sack For Healthier Earth, yaitu anak-anak dari berbagai macam latar belakang bekerja sama dengan para intern untuk mengumpulkan sampah yang ada di Pantai Padang, dimulai dari SD 27 sampai Pantai Purus Padang.

Antusias dari para siswa dan aroma persaingan sangat terasa karena bagi kelompok siapa yang mengumpulkan sampah terbanyak dan tercepat akan di berikan hadiah menarik. Buktinya saja, setengah perjalanan kantung plastik sampah sudah terisi penuh dan meminta plastik tambahan.

Walapun cuaca panas tidak menghalangi mereka untuk mengumpulkan sampah. Para intern pun juga tak kalah semangat dalam mengajak anak-anak untuk mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya. Kegiatan ini berlangsung selama satu jam. Setelah, sampah terkumpul selanjutnya dilakukan penimbangan dan acara pemberian hadiah kepada kelompok terbaik.

Kegiatan ini memiliki tujuan yang sangat penting bagi anak-anak sekarang, tak banyak dari anak-anak maupun anak remaja saat ini sangat senang jika membuang sampah tidak pada tempatnya, mereka tidak sadar jika kebiasaan yang dilakukan saat ini oleh mereka akan berdampak pada lingkungan dimana mereka tinggal dan memberikan efek yang tidak bagus bagi diri mereka.

Maka dari itu, hal ini harus segera dicegah dan membuat kesadaran mereka terhadap lingkungan dengan memberikan pengalaman mengumpulkan sampah bersama-sama. Dilain sisi, memberikan anak-anak pengalaman hidup beragam, dengan berbagai latar belakang dan berbeda bahasa.***