Pemkab Kirim Alat Berat ke Daerah Terisolasi

id Jembatan putus

Pemkab Kirim Alat Berat ke Daerah Terisolasi

Banjir di Solok Selatan (Antara)

Padang Aro, (Antara) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, telah mengirimkan sejumlah alat berat ke daerah yang terisolasi akibat banjir dan longsor yang melanda daerah itu pada Senin (8/2).

"Kita sedang bekerja keras mengupayakan agar warga yang akses transportasinya terputus total bisa lewat dulu supaya tidak menggangu aktivitas serta bantuan bisa masuk," kata Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan eskavator maupun louder untuk membuat jalan alternatif bagi warga yang terisolasi.

"Yang penting warga yang terisolasi tersebut bisa terhubung lagi dengan daerah lainnya," katanya.

Jika ada jalan putus kata dia, bisa ditimbun dulu dengan bantuan alat berat, tetapi jika jembatan terputus akan dicarikan solusinya.

Sekitar 150 kepala keluarga di kompleks karyawan PT Pekonina Baru, kabupaten setempat terisolasi karena jalan menuju permukiman mereka tertimbun tanah setinggi satu meter lebih sejak Senin (8/2).

Sekretaris Daerah Yulian Efi pada Selasa (9/2) mengunjungi daerah-daerah terisolasi, dan daerah lokasi longsor yang menimbulkan korban jiwa di Jorong Taratak Tinggi, Kecamatan Pauah Duo, Ujung Jalan serta Pinang Sinawa dan Bomas Sungai Pagu.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Solok Selatan, Dalwison mengatakan, pencarian satu korban lagi masih dilakukan dibantu Satpol PP, TNI, Polisi serta BPBD. Warga juga ikut melakukan pencarian dengan peralatan seadanya. (*)