Perpustakaan Padang Panjang Kekurangan Buku

id Perpustakaan Padang Panjang

Padang Panjang, (Antara) - Perpustakaan Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, masih kekurangan buku sekitar 12 ribu eksemplar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang ada di daerah itu.

"Kami masih kekurangan buku sebanyak 12 ribu eksemplar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang datang," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Padang Panjang, Darsaf Hendrizal di Padang Panjang, Rabu.

Ia mengatakan, dengan jumlah penduduk Padang Panjang sekitar 50 ribu jiwa, perpustakaan yang dikelolah oleh pemerintah itu idealnya membutuhkan sekitar 25 ribu eksemplar.

"Yang ada saat ini baru sekitar 13 ribu eksemplar, sehingga masih kurang separoh lagi," katanya.

Untuk memenuhi kekurangan itu, pihaknya sudah berusaha melalui pengadaan buku di 2016 ini melalui dana APBD.

"Selain itu kami juga akan menyediakan lumbung buku untuk menampung masyarakat yang akan menyumbangkan bukunya bagi perpustakaan Padang Panjang," sebutnya.

Ia berharap ada donatur lainnya untuk menyumbangkan buku ke perpustakaan Padang Panjang, sehingga berguna bagi pengunjung dalam mencari ilmu dan referensi.

"Kami berharap ada masyarakat yang peduli dengan perpustakaan sebagai gudang ilmu yang nantinya bis amencerdaskan anak bangsa," ujarnya.

Masyarakat Padang Panjang, Subhan menganggap permasalahan yang dihapai oleh perpustakaan dalam melayani pengunjung itu cukup serius.

"Ini harus dicarikan solusinya, sehingga perpustakaan yang sudah representatif itu bisa melayani dari setiap kebutuhan masyarakat dalam mencari buku untuk menambah ilmu atau referensi," katanya.

Perpustakaan menurut dia, merupakan gudang ilmu yang harus dipelihara dan diperbanyak jumlah buku di berbagai bidang. (*)