Pemkab Bangun Rumah Pintar di KTM Silaut

id KTM Silaut, Rumah Pintar

Painan, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan pada tahun 2016 bakal membangun rumah pintar di kawasan kota terpadu mandiri (KTM) Silaut, kabupaten setempat.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesisir Selatan, Doni Gusrizal di Painan, Kamis, mengatakan hal tersebut merupakan upaya pemkab setempat dalam melengkapi infrasruktur penunjang di kawasan KTM Silaut.

Pada 2015 pemkab juga membangun mesin penggilingan padi modern guna menampung semua hasil panen sehingga padi hasil produksi pertanian masyarakat setempat dapat berkualitas lebih baik.

"Tersedianya alat mesin penggilangan padi modern ini kita harapkan dapat menampung semua hasil panen padi di kawasan ini khususnya Silaut sehingga hasilnya berkualitas bagus dan dapat diekspor keluar daerah," katanya.

Tidak saja itu, untuk pengembangan KTM Silaut, pada tahun 2015 pemerintah pusat juga mengalokasikan dana melalui APBN 2015 sebanyak Rp9,8 miliar. Dana tersebut dimanfaatkan untuk membangun berbagai infrasruktur jalan di sekitar kawasan KTM Silaut.

Sedangkan melalui APBD kabupaten 2015 pemkab mengalokasikan dana sebanyak Rp700 juta. Anggaran tersebut untuk pembangunan los pasar di sekitar KTM Silaut. Dana itu juga dimanfaatkan untuk pembangunan gudang penyimpanan hasil jagung masyarakat setempat.

Pengalokasian anggaran tersebut merupakan wujud dari dukungan, baik pemkab, Pemprov Sumbar maupun pemerintah pusat dalam upaya pengembangan KTM Silaut. Hingga kini pembangunan KTM Silaut sudah memasuki tahap VIII sejak tahun 2009.

Pembangunan yang sudah dilakukan sejak 2009 seperti infrastruktur kawasan KTM, mulai jalan lingkar menuju lokasi hingga bangunan toko dan sebagainya.

KTM merupakan program strategi pemerintah pusat dalam pengembangan daerah transmigrasi. Tujuannya adalah untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi, pengentasan masyarakat dari kemiskinan dan mengatasi masalah penyebaran penduduk di daerah transmigrasi.

Wakil Ketua DPRD kabupaten setempat, Herpidamson mengatakan program KTM diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya di sekitar kawasan KTM dan Pesisir Selatan umumnya. (*)