BPDAS Agam-Kuantan Bantu Penghijauan Danau Maninjau

id BPDAS Agam-Kuantan, Penghijauan, Danau Maninjau

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam pada 2016 mendapatkan bantuan sebesar Rp350 juta dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan untuk penghijauan Danau Maninjau.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan, penghijauan di sekitar Danau Maninjau Kecamatan Tanjung Raya dengan luas 50 hektare.

"Penanaman pohon jenis durian, pala, surian dan lainnya akan dilakukan dalam waktu dekat," katanya.

Penanaman pohon ini melibatkan masyarakat di Kecamatan Tanjung Raya, di bawah pengawasan dari Dishutbun dan BPDAS Agam Kuatan.

Penanaman pohon ini bertujuan untuk mengatasi bencana longsor dan banjir melanda daerah itu, karena daerah itu rawan bencana tersebut.

"Ini salah satu antisipasi bencana longsor dan banjir melanda Kecamatan Tanjung Raya, karena daerah itu dikelilingi perbukitan," katanya.

Dishutbun Agam, tambahnya, akan mengusulkan 15 Kebun Bibit Rakyat (KBR) kepada BPEDAS Agam Kuantan, untuk menunjang program Agam Menyemai.

"Mudah-mudahan usulan ini direlokasi sehingga kita dengan mudah memperoleh bibit," katanya.

Salah seorang warga Maninjau, Kasman menambahkan, pihaknya akan mendukung dan ikut serta dalam penanaman pohon di sekitar Danau Maninjau.

"Saya siap memberikan tenaga dan waktu untuk menanam pohon yang akan dilakukan demi mengatasi bencana longsor dan banjir di daerah itu," katanya. (*)