KPU Tanah Datar Tetapkan Irdinansyah-Zuldafri Cabup-Cawabup Terpilih

id KPU Tanah Datar

Batusangkar, (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menetapkan pasangan Irdinansyah Tarmizi-Zuldafri Darma yang diusung Partai Golkar dan Nasdem sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih.

Penetapan pasangan Irdinansyah-Zuldafri dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dipimpin Ketua KPU Tanah Datar Arwin didampingi komisioner dan Sekretaris Elyusri di Batusangkar, Selasa (19/1) malam.

Arwin menyebut rapat pleno penetapan pasangan calon kepala daerah terpilih baru dapat dilakukan satu hari setelah keputusan Mahkamah Konstitusi keluar yaitu pada Senin (18/1).

"Pada waktu itu, MK memutuskan menerima eksepsi termohon KPU Tanah Datar dan menolak gugatan untuk keseluruhan dari pemohon pasangan calon Edi Arman - Taufiq Idris," katanya.

Ia menjelaskan bila dalam proses Pilkada tidak ada gugatan maka penetapan pasangan calon terpilih dapat dilakukan pada 21-22 Desember 2015.

Arwin menyampaikan bahwa pemilihan kepala daerah telah melalui tahapan yang benar dan berlangsung aman dan lancar.

"Kami memberikan apreseasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga proses Pilkada ini dapat berjalan lancar dan aman," katanya.

Sementara itu, Bupati terpilih Irdinansyah menyampaikan rasa syukur atas penetapan KPU ini dan mengapresiasi kerja seluruh penyelenggara Pilkada KPU dan Panwas baik di kabupaten, kecamatan dan nagari yang telah berupaya menyukseskan pemilihan kepala daerah di Tanah Datar.

"Kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi menggunakan hak pilih, kami juga mengucapkan terima kasih dan berharap dukungan untuk membangun Tanah Datar ke depan lebih baik lagi," katanya.

Ias juga mengucapkan terima kasih kepada semua pasangan calon karena tanpa mereka proses pemilihan kepala daerah tidak akan dapat dilakukan dan berharap untuk bersama bahu membahu membangun Tanah Datar.

Ikut hadir pada acara tersebut Penjabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani, Dandim Letkol Arm Bagus Tri Kuntjoro, Pimpinan DPRD Irman, Ketua Panwas Yuli Fadri, Sekda Hardiman, pimpinan Parpol, pimpinan SKPD, Camat, dan wali nagari.

Dalam rekapitulasi suara Pilkada 9 Desember 2015 KPU Tanah Datar menetapkan perolehan suara pasangan calon Irdinansyah-Zuldafri sebanyak 53.937 (37,66 persen), sementara untuk pasangan lainnya Edi Arman - Taufiq Idris mendapat suara 40.224 (28,09 persen), Syaherdam - Sultani 28.431 suara (19,85 persen), dan Nelson Darwis - Muzwar M 20.605 suara (14,39 persen). (*)