Padang Panjang Rancang "Cable Car"

id Cable Car, Padang Panjang

Padang Panjang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang merencanakan pembuatan "Cable Car" untuk menikmati keindahan alam daerah itu.

Cable Car itu rencananya dimulai dari Rest Area di Kelurahan Silaing Bawah menuju ke Bukit Tui Kelurahan Tanah Hitam, depan GOR Khatib Sulaiman Bancah Laweh, kemudian terus ke lokasi Islamic Centre di Sago, Kelruahan Koto Katiak.

"Keberadaan Cable Car akan menambah nuansa baru di bidang pariwisata yang akan menarik kunjungan wisatawan," kata Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Padang Panjang Sri Syahwitri di Padang Panjang, Selasa.

Sebelum pembangunan Cable Car tersebut, Pemerintah Padang Panjang sedang sejumlah persyaratan dan desain perencanaan oleh instansi terkait.

"Kami saat ini sedang menyusun Detail Engineering Design (DED) Cable Car tersebut. Mudah-mudahan bisa selesai secepatnya," katanya.

"Bila nanti DED-nya telah selesai, maka kami berharap akan ada investor yang bersedia untuk berinvestasi di bidang transportasi Cable Car ini," katanya.

Menurut Sri Syahwitri, total panjang Cable Car itu nantinya berkisar 3,7 kilometer. Dari Rest Area Silaing Bawah ke Tugu Galodo, Bukit Tui 2,6 Kilometer dan ditambah jarak dari Tugu Galodo ke lokasi Islamic Centre 1,1 kilometer.

Penikmat wisatadi Padang Panjang, Milas Arepma menyembut baik perencanaan pembuatan Cable Car oleh pemerintah setempat, karena semakin banyak objek wisata di daerah itu, maka semakin banyak orang yang ingin berkunjung.

Selama ini kata Milas, Padang Panjang sudah terkenal dengan objek wisata pemandiannya dan termasuk kulinernya yang bercita rasa tinggi. "Jika ada Cable Car tentu akan lebih sempurna," tambahnya. (*)