20 Pedagang Agam Terima Bantuan Dinsos Sumbar

id Pedagang, Terima Bantuan

Lubuk Basung, Sumbar, (Antara) - Sebanyak 20 pedagang di Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, menerima bantuan peralatan dalam menunjang pengembangan usaha mereka dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.

Wali Nagari Lubuk Basung, Ira Darma Putra, di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan, bantuan tersebut berupa etalase, kompresor, kompor gas dan lainnya.

"Masing-masing pedagang memperoleh bantuan sesuai dengan kebutuhan dan bantuan ini berasal dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Provinsi Sumbar 2015," katanya.

Ia mengatakan, bantuan ini diserahkan secara bertahap kepada pedagang. Untuk tahap pertama dengan jenis kompor gas, kompresor dan lainnya diserahkan pada akhir tahun.

Sementara untuk tahap kedua berupa etalase diserahkan pada Jumat (15/1), karena etalase itu baru selesai pada tahun ini.

"Etalase ini dibuat oleh pengusaha etalase yang ada di Lubuk Basung. Ini sesuai dengan komitmen dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memanfaatkan produk yang ada di daerah," katanya.

Sebelum bantuan diserahkan, katanya, pihak Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat memberikan pelatihan untuk pengembangan usaha selama lima hari di aula kantor nagari pada November 2015.

"Pelatihan tersebut diikuti seluruh penerima bantuan dengan tujuan agar usaha mereka berkembang dengan baik," katanya.

Lebih jauh, ia mengatakan, bantuan yang diterima ini berkat usulan dari pemerintah nagari kepada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Trasmigrasi setempat.

Setelah itu, Dinas Sosial Provinsi Sumbar menyetujui bantuan tersebut. Pada 2015, pemerintah nagari juga mendapatkan bantuan berupa pelatihan shalat jenazah dari Universitas Negeri Padang.

Salah seorang penerima bantuan, Erni (52), mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Provinsi Sumbar yang telah memberikan bantuan etalase, sehingga barang dagangannya berupa makanan terlindungi dari debu.

"Dengan cara ini, dagangan saya menjadi higienis dan aman dikonsumsi konsumen," katanya
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar