KONI Targetkan 16 Medali Emas PON 2016

id Medali Emas PON 2016

Padang, (Antara) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Barat menargetkan perolehan 16 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional 2016 di Jawa Barat.

"Kami melakukan berbagai upaya untuk mencapai target PON yang akan digelar pada September 2016 dengan menyusun program latihan sedini mungkin," kata Sekretaris Umum KONI Sumbar Indra Jaya di Padang, Rabu.

Ia mengatakan untuk mencapai target KONI akan memberikan pelatihan dan fasilitas yang diperlukan oleh atlet yang akan mengikuti lomba pada setiap cabang olahraga.

"Pelatihan dan fasilitas ini akan diperlukan atlet terutama yang diprediksi akan menyumbangkan medali emas," katanya.

Ia menjelaskan pelatihan dan fasilitas yang diberikan antara lain fasilitas untuk berlatih, bertanding, uji coba, pembinaan, kesehatan dan psikologis.

Bagi atlet dari luar kota akan difasilitasi untuk menginap di Padang dan diusahakan untuk pindah ke Padang agar lebih fokus dalam mengikuti latihan.

"Tahun ini kita memberikan pembinaan dan kesempatan untuk atlet-atlet dari cabang olahraga yang memungkinkan untuk menyumbangkan medali emas untuk bisa mengikuti kegiatan-kegiatan atau even secara maksimal," katanya.

Kegiatan seperti pertandingan uji coba, tidak hanya di dalam begeri tapi dapat dikirim ke luar negeri untuk melakukan uji coba.

Ia menyebutkan pada 2015, atlet di Sumbar memiliki prestasi yang baik pada beberapa cabang olahraga di antaranya taekwondo, silat, tarung derajat, panjat tebing, catur dan bilyard.

KONI juga akan memperhatikan sejumlah cabang olahraga yang mengalami penurunan prestasi. Karena pada umumnya prestasi turun disebabkan kurangnya uji tanding sehingga atlet kurang pengalaman. Selain itu hasil pembinaan juga masih kurang maksimal.

Ia mengharapkan semua cabang olahraga dapat menyumbangkan medali emas pada PON 2016. Tentunya hal ini bisa dicapai jika ada komitmen para atlet, pelatih dalam melatih dan juga pengurus sehingga target tersebut dapat tercapai. (*)