Pesisir Selatan-MCA Indonesia Kembangkan Energi Terbarukan

id Energi Terbarukan, Pesisir Selatan

Painan, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2016 memastikan kerja sama pengembangan energi baru dan terbarukan senilai 250 ribu dolar AS dengan Millennium Challenge Account Indonesia.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Mineral dan Energi (ESDM) Kabupaten Pesisir Selatan, Firdaus, di Painan, Rabu, mengungkapkan dalam perjanjian proyek kerja sama itu, pemerintah daerah dan MCA-Indonesia sepakat menggarap biodiesel dan biomass.

Sesuai perencanaan, ujarnya, lokasi yang bakal dipakai sebagai sentra pengembangan adalah Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Ranah Ampek Hulu Tapan, dan Indera Pura.

"Dalam kerja sama itu, mereka meminta dukungan dari pemerintah daerah sebagai fasilitator terkait pembebasan lahan. Kami akan jalankan," katanya pula.

Menurutnya, pada proyek itu, pemerintah kabupaten hanya bertugas mengawasi dan bersinergi dengan pihak non-pemerintah, agar dana hibah bisa digunakan sesuai tujuan.

Bahkan, kegiatan pengolahan biodiesel dan biomass itu nantinya bakal diserahkan kepada masyarakat, dengan mengirimkan proposal kegiatan melalui badan usaha seperti koperasi.

National Relationship Manager for Green Prosperity Project MCA-Indonesia, Arif Setiadi mengatakan, selain Pesisir Selatan kegiatan serupa juga dilakukan di Solok Selatan.

Ia menyatakan, kegiatan itu bertujuan meningkatkan prakarsa pemeliharaan hutan, lingkungan, dan meningkatkan pendapatan masyarakat, utamanya di lokasi proyek.

"Karena tutupan hutan lindung di wilayah itu di atas 50 persen. Usai penandatanganan kerja sama, tim koordinasi yang dibentuk kabupaten akan mempersiapkan rencana kegiatan," katanya pula.

Selain itu, MCA-Indonesia menilai pemerintah dua kabupaten itu bersedia transparan dalam proses perizinan pengolahan sumber daya alam di wilayah masing-masing.

Pertimbangan lain, katanya pula, mereka sudah memiliki rencana tata ruang wilayah yang sesuai syarat lokasi kegiatan Proyek Kemakmuran Hijau.

Ke depan, ia berjanji akan mendorong lembaga-lembaga non-pemerintah di Pesisir Selatan untuk mengirimkan proposal kegiatan.

"Kami berharap, kegiatan ini mampu mendorong lahirnya mitra-mitra pembangunan untuk pembangunan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat," katanya pula. (cpw)