HKTI Sutera Upayakan Bina Seluruh Kelompok Tani

id HKTI, Bina, Keltan

Painan, (AntaraSumbar) - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan mengupayakan pembinaan terhadap seluruh kelompok tani yang ada di kecamatan itu.

"Pertama upaya pembinaan ini kami fokuskan kepada jumlah anggota dan luas hamparan pertanian yang dimiliki masing-masing kelompok," kata Ketua HKTI Kecamatan Sutera, Ramadhan di Painan, Senin.

Ia menjelaskan anggota sebuah kelompok tani haruslah sesuai dengan luas hamparan yang dimiliki, kalau tidak tentu lahan pertanian yang dimiliki tidak akan tergarap secara maksimal.

"Setelah pembinaan pertama ini selesai kami dari HKTI akan membicarakan target minimal yang harus dicapai masing kelompok tani," ujarnya.

Ia mengatakan dalam beberapa pekan kedepan pihaknya akan fokus melakukan pembinaan hingga ke 143 kelompok tani yang ada di kecamatan itu.

"Saat ini baru kami lakukan kepada sembilan kelompok tani dan kami target seluruh mendapatkan pembinaan," ujarnya.

Ia mengatakan pembinaan ini merupakan upaya pihaknya untuk bersinergi dengan pemerintah dalam upaya mewujudkan swasembada pangan.

"Pemerintah saat ini gencar melakukan berbagai program mewujudkan swasembada pangan dan kami dari HKTI Sutera siap bersinergi," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya meminta secara khusus kepada Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Sutera untuk memastikan kebenaran dari semua kelompok tani di kecamatan itu.

"Kami belum bisa memastikan tapi dari informasi yang kami dapatkan ada 'kelompok siluman' yang diakui namun mereka tidak memiliki lahan dan kalau mereka menerima bantuan tentu sangat disayangkan," ujarnya.

Sementara, Anggota Komisi II DPRD Pesisir Selatan, Ikal Jonedi mengatakan kedepan tidak akan ada lagi "kelompok siluman" karena setiap kelompok tani akan terdata hingga ke kementerian.

"Dan untuk terdata hingga ke pusat, kelompok tani harus diakui dinas pertanian dan ada pengesahan dari notaris," ujarnya.

Pihaknya mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh HKTI Sutera dalam upaya mewujudkan swasembada pangan. (cpw)