Devi Kurnia Inspektur Upacara Peringatan Hari Ibu

id Peringatan, Hari Ibu, Solok

Arosuka, (AntaraSumbar) - Penjabat (Pj) Bupati Solok Devi Kurnia, menjadi Inspektur upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-87, Hari Bela Negara ke-67, Hari Nusantara dan Hari Kesetiakawanan Sosial, Senin.

"Hakekat peringatan Hari Ibu yang digelar setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia. Hari ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa yang kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia," katanya.

Ia mengatakan bahwa perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang sadar dan memahami serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki.

PHI ke-87 tahun 2015 kali ini katanya mengusung tema " Keseteraan perempuan dan laki-laki dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan perempuan dan anak".

Sedang peringatan Hari Bela Negara yang ke-67 tahun 2015 ini, kata Bupati, diperingati sebagai sebuah sejarah perjalanan bangsa dalam menghadapi guncangan-guncangan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tiada lain upaya kita adalah untuk selalu meningkatkan pemahaman dan prilaku kita semua dalam hal bela Negara, sebagai perekat bangsa dalam mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan yang terwujud dalam Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Bupati mengatakan bahwa peringatan Hari Nusantara bertujuan untuk, mengingatkan kembali serta mengubah mindset bangsa Indonesia, mengenai ruang hidup dan ruang juang yang berimbang antara matra darat dan matra laut.

Tema dari Peringatan Hari Nusantara tahun 2015 kali ini adalah Kekayaan Energi dan sumber daya mineral untuk pembangunan Indonesia sebagai poros maritim guna mewujudkan kejayaan dan kemakmuran bangsa.

" Makna dari tema ini adalah untuk mengingatkan kembali bahwa bangsa ini adalah bangsa yang kaya dengan sumber daya alam yang melimpah," katanya.

Upacara Bendera yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara Pj Bupati Solok Devi Kurnia yang berlangsung khidmat itu, juga dihadiri Sekretaris Daerah HM Saleh, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny.Lina Devi Kurnia, unsur muspida, SKPD se-Kabupaten Solok, serta pasukan upcara lainya. (*)