BKD Padang Uji Pemetaan Jabatan Eselon

id BKD, Padang, Uji, Pemetaan

BKD Padang Uji Pemetaan Jabatan Eselon

Ilustrasi. Pegawai Negeri Sipil (PNS). (ANTARA FOTO/Siswowidodo/)

Padang, (AntaraSumbar) - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Padang menguji pemetaan jabatan eselon melalui ujian kompetensi dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).

Kepala BKD Kota Padang, Asnel di Padang, Senin, mengatakan pemetaan jabatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung reformasi birokrasi melalui upaya menata kembali tata kelola pegawai.

"Pemetaan jabatan ini untuk seluruh pejabat eselon III dan IV di lingkup Pemkot Padang," katanya.

Ia menyebutkan, tujuan penting pemetaan jabatan ini adalah untuk melakukan penempatan pegawai sesuai dengan kemapuannya, sehingga melalui pemetaan jabatan akan diketahui posisi atau tempat yang cocok bagi ASN yang ikut dalam ujian.

Menurutnya, jika selama ini seorang pejabat merasa jenuh di perencanaan, mungkin akan ditempatkan di tempat lain seperti pengawasan atau operasional.

Seluruh soal ujian bagi pejabat eselon III dan IV telah disiapkan oleh pihak Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), serta BKN Regional XII.

"Soal yang diujikan mencakup seluruh jabatan yang ada dan nanti BKN sendiri yang akan membuat peta jabatannya," ujarnya.

Ujian tersebut diikuti oleh 1.400 pejabat eselon III dan IV dengan masing-masing akan menjawab 100 pertanyaan yang diberikan selama 60 menit.

Pelaksanaan ujian tersebut dilakukan selama lima hari yang dimulai pada Senin (14/12) sampai Jumat (18/12).

"Kami harapkan seluruh peserta dapat mengikutinya dengan serius. Nantinya seluruh hasil akan diserahkan kepada BKN untuk kemudian diberikan kepada Wali Kota sebagai pertimbangan," lanjutnya. (cpw9)