Pendukung Paslon Irama Diminta Tidak Terprovokasi Isu

id Pendukung, Irama, Tanah Datar

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Seluruh massa pendukung, kader, dan simpatisan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati nomor urut 1, Irdinansyah Tarmizi - Zuldafri Darma (IRAMA), diminta tidak terprovokasi atau terpancing isu yang mendiskreditkan pasangan yang unggul sementara pada Pilkada Tanah Datar tersebut.

"Kita harapkan seluruh pendukung Paslon Nomor 1, Irdinansyah Tarmizi - Zuldafri Darma tetap tenang dan tidak terpancing berita yang berkembang yang menyatakan telah melakukan pelanggaran dalam proses Pilkada," kata Ketua Tim Pemenangan Paslon Nomor Urut 1, Anton Yondra di Batusangkar, Minggu.

Ia menyebut Tim Pemenangan Paslon IRAMA tidak pernah melakukan mobilisasi massa dari suatu daerah untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Tanah Datar seperti berita yang berkembang di tengah masyarakat ataupun laporan yang masuk ke Panwas Pilkada.

"Massa itu adalah mahasiswa atau masyarakat Lintau yang pulang basamo khusus untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Tanah Datar dan mereka difasilitasi oleh Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB) bukan Tim Paslon Nomor Urut 1, IRAMA," kata Anggota DPRD Tanah Datar ini.

Anton menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat, kader, dan pendukung Paslon Nomor 1 IRAMA, yang telah bekerja sepenuh hati sehingga berhasil menang sementara pada Pilkada Tanah Datar sebesar 37,66 persen suara.

Sementara itu, Ketua Bidang Hukum Tim Pemenangan Paslon Nomor 1, M. Yuner mengatakan adanya laporan dugaan pelanggaran Pilkada oleh Tim Paslon lain kepada Panwas itu sah-sah saja dan sesuai aturan yang berlaku.

"Yang dilaporkan itu bukan pasangan calon Irdinasyah Tarmizi - Zuldafri Darma, tapi adalah pihak penyelenggara Pilkada," kata Yuner.

Ia juga menepis adanya kecurangan Pilkada yang dilakukan Paslon Nomor Urut 1 IRAMA, seperti melakukan penggelembungan suara, memobilisasi massa, ataupun melakukan kecurangan dalam proses penghitungan dan rekapitulasi suara.

Karena laporan sudah masuk ke Panwas Pilkada, ia berharap seluruh pendukung Paslon IRAMA tetap tenang dan menghargai proses penanganan pelanggaran Pilkada yang dilakukan pihak Panwas.

Perolehan suara sementara Pilkada Tanah Datar, Paslon Nomor Urut 1, Irdinansyah Tarmizi - Zuldafri Darma memperoleh 53.188 suara (37,66 persen), Paslon Nomor Urut 2, Edi Arman - Taufiq Idris 39.758 suara (28,15 persen), Paslon Nomor Urut 3, Syaherdam - Sultani 27.887 suara (19,75 persen), dan Paslon Nomor Urut 4, Nelson Darwis - Muzwar 20.394 (14,44 persen). (*)