Wings Air Resmi Layani Jambi-Pekanbaru

id Wings Air, Trayek, Pekanbaru-Jambi

Pekanbaru, (AntaraSumbar) - Maskapai Lion Group yakni Wings Air secara resmi melayani penerbangan rute Jambi-Pekanbaru satu kali setiap hari terhitung sejak Rabu (9/12) dengan mengoperasikan armada pesawat jenis ATR 72-500 berkapasitas 70 tempat duduk.

"Kami sudah lama ingin terbagi rute ini. Tapi baru sekarang kami bisa membuka rute Jambi-Pekanbaru, disamping sudah banyak permintaan yang masuk dari warga di Riau," kata Manajer Lion Air Area Pekanbaru, Novianti Harahap di Pekanbaru, Kamis.

Dia menjelaskan, penerbangan rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu satu jam atau sekitar 50 menit baik dari Bandara Sultan Thaha, Jambi atau Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Sebenarnya, kata dia, pesawat yang sama Wings Air, memiliki rute penerbangan dari Pekanbaru, Provinsi Riau ke wilayah Sumatera Bagian Selatan dengan dua kali pendaratan Pekanbaru-Jambi, lalu Pekanbaru-Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dan Palembang- Tanjungkarang, Provinsi Lampung.

"Jadi tidak sampai dalam waktu tiga jam, kita sudah tiba di Lampung pada sore hari di hari yang sama. Dengan dimulai terbang dari Pekanbaru pada siang hari," bebernya.

Novi berujar, pembukaan rute baru tersebut tentunya menambah alternatif masyarakat dalam melakukan perjalanan di Sumatera terutama empat provinsi yang berbeda karena selama ini belum terdapat penerbangan langsung dari Pekanbaru menuju Jambi atau Lampung.

"Kalau sekarang sudah bisa langsung baik ke Jambi, Pelembang atau Lampung dengan harga tiket relatif murah, kami tawarkan kepada calon penumpang," terang dia.

Catatan Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II telah melayani 10 rute domestik yakni Pekanbaru-Jakarta, Pekanbaru-Batam, Pekanbaru-Medan, Pekanbaru-Bandung dan Pekanbaru-Yogyakarta.

Lalu rute Pekanbaru-Surabaya dan rute penerbangan perintis setiap pekan seperti Pekanbaru-Pasir Pangaraian, Pekanbaru-Tembilahan, Pekanbaru-Dabo Singkep dan Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun.

Ke-10 rute domestik itu dilayani oleh delapan maskapai melayani penerbangan domestik seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Citilink, Indonesia AirAsia, Sriwijaya Air, NAM Air dan perintis dilayani Susi Air.

Sementara rute internasional terdapat tiga maskapai yang melayani yakni AirAsia dengan rute Kuala Lumpur-Pekanbaru pergi pulang setiap hari, Malindo Air dengan rute Malaka-Pekanbaru setiap hari dan Silk Air rute Singapura-Pekanbaru tiga kali dalam sepekan.

"Kalau normal, penumpang mencapai 8.000 orang. Tapi sekarang ini sedang low season (musim sepi) dan sebagian kecil maskapai memilih batal terbang atau mengalihkan penumpang ke pesawat rute yang sama," ujar Airport Duty Manager Bandara Sultan Syarif Kasim II, Hasnan Siregar. (*)