Warga Padang Keluhkan Pengendara Lintasi Jembatan Rusak

id Pengendara Lintasi Jembatan Rusak

Padang, (Antara) - Sejumlah warga yang tinggal di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengeluhkan tentang banyaknya pengendara yang melintasi jembatan jalan yang rusak dekat gerbang Kampus Universitas Andalas (Unand) tersebut.

"Kami khawatir jembatan rusak yang terbengkalai tersebut roboh akibat banyak motor yang mencuri jalan melintasinya," kata salah seorang warga Esih, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan telah sebulan semenjak hujan lebat yang melanda Padang mengakibatkan salah satu ruas jembatan penghubung dengan kampus Unand rusak.

Dampaknya kendaraan yang bertolak dari Unand ke Padang terpaksa dialihkan ke jalur arah berlawanan.

Namun karena ramainya kendaraan yang lalu lalang menyebabkan sebagian motor berani melewati jembatan yang rusak pada penyangganya tersebut, ucapnya.

Hal inilah katanya yang mengkhawatirkan karena bisa berdampak juga pada rumah penduduk sekitar dan jembatan sebelahnya.

"Bila tiang penyangga tersebut roboh dapat memicu rusaknya tiang penyangga jembatan sebelah yang menyebabkan keduanya menjadi tidak bisa digunakan," katanya.

Menurut dia bila hal ini terjadi akan menyebabkan kelumpuhan lalu lintas Unand dan Padang, ucapnya.

Senada dengan itu salah satu pegawai Unand Yanti juga mengeluhkan hal yang sama.

Namun, katanya, dalam hal ini pemerintah bukan melakukan pencegahan terhadap pengendara namun meminta agar segera memperbaiki jembatan tersebut.

Menurutnya hal tersebut harus segera dilakukan mengingat saat ini kepentingan Unand tidak hanya bersifat lokal melainkan telah internasional.

Tentunya keamanan sarana transportasi pun harus terjaga, ucapnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan renovasi dan perbaikan infrastruktur secara bertahap dan giliran.

Menurutnya bila ada sarana yang belum diperbaiki artinya masih menunggu giliran.

Sebab saat ini sumber daya yang dimiliki masih terbatas, ucapnya. (*)