Tim Gabungan Pemkab Agam Bersihkan APK Paslon

id Bersihkan APK Paslon

Lubuk Basung, (Antara) - Tim gabungan yang dibentuk Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menertibkan seluruh alat peraga kampanye (APK) pasangan calon bupati dan wakil bupati yang masih terpasang di daerah itu.

Ketua Panwas Kabupaten Agam, Elvys di Lubuk Basung, Senin, mengatakan tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Panwas, KPU, Polres, Kodim melakukan penertiban serentak di 16 kecamatan pada Minggu (6/12).

"Sebagian kecamatan sudah selesai membersihkan APK yang masih terpasang, hanya beberapa kecamatan lagi yang belum," katanya.

APK yang masih tertinggal akan dilanjutkan membersihkannya Senin hari ini dan pada Selasa (8/12) seluruh daerah sudah bersih dari APK paslon.

Ia menambahkan penertiban di setiap kecamatan langsung dipimpin camat setempat dengan anggota Polsek, Koramil, Panwas, PPK dan lainnya.

Selain menertibkan APK tim juga menertibkan stiker yang terpasang di mobil, kantor partai pendukung dan kantor relawan.

"Tidak ada perlawanan saat penertiban ini, bahkan mereka ada yang langsung membuka sendiri," katanya.

Sementara itu Ketua KPU setempat, Alhadi menambahkan penertiban yang dilakukan ini setelah memasuki minggu tenang.

Sebelumnya, pihaknya telah menyurati tim kampanye untuk membuka sendiri APK menjelang minggu tenang. Namun masih banyak APK yang masing terpasang.

"Dengan kondisi ini kita memberikan rekomendasi untuk membuka APK tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pendistribusian surat suara dan logistik ke PPS akan dilakukan hari ini. Pada Minggu (6/12) surat suara dan logistik tersebut telah berada di dalam mobil truk.

"Mobil truk ini akan kita parkirkan di KPU dan Polres sebelum menuju PPS. Ini bertujuan agar surat suara dan logistik ini aman dari hal yang tidak diinginkan," katanya. (*)