Cara Bijak Dalam Mengelola Kartu Kredit

id kartu kredit

Jakarta, (Antara/rilis) Mungkin saat ini Anda belum memiliki kartu kredit dan masih bingung dengan berbagai tawaran yang datang menawarkan berbagai kemudahan serta bonus dari fasilitas kartu kredit dari banyak bank seperti BCA yang menawarkan Kartu Kredit BCA Visa dan Master sampai bank asing seperti Bank ANZ yang menawarkan Kartu Kredit ANZ khusus Wanita. Memang tidak dipungkiri berbagai fasilitas dari penyedia layanan kartu kredit memberikan penawaran yang sebenarnya dapat memberikan bantuan kepada kita untuk memenuhi kehidupan keseharian Anda.

Namun yang perlu Anda ingat adalah mengontrolnya. Bisa jadi karena Anda telah memiliki kartu kredit, setiap belanja akan khilaf karena mampu membeli apapun dari penggunaan kartu kredit. Tahukah Anda bahwa apabila penggunaan kartu kredit tidak dikontrol secara baik, maka akan menjadi sebuah bencana bagi keuangan keluarga Anda.

Tidak dipungkiri memang saat ini ada banyak sekali godaan mulai dari diskon, poin hingga orang-orang yang ada di sekitar Anda yang mempengaruhi pola konsumsi belanja Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda mawas diri dan usahakan jangan mudah terjebak atas penggunaan kartu kredit yang menjadi tidak terkontrol.

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu kebiasaan yang perlu Anda hindari pada saat mengambil kartu kredit adalah membayar kartu kredit dengan tagihan yang paling minimum. Tahukah kawan bahwa sebenarnya jika Anda memilih pembayaran tagihan kartu kredit dengan jumlah minimum itu hanya akan memperpanjang penderitaan Anda.

Hal ini tidak lain dikarenakan Anda akan terkena bunga yang semakin besar sampai dengan Anda melunasi tagihan Anda di kartu kredit. Yang perlu Anda tanamkan di benak Anda adalah penggunaan kartu kredit ini hanya sebagai alat bantu Anda untuk menunda pembayaran. Apabila ternyata Anda sudah memiliki kemampuan untuk melunasinya di bulan berikutnya, sebaiknya segeralah untuk melunasi tagihan Anda.

Dibawah ini ada beberapa keuntungan dalam menggunakan kartu kredit, seperti:

1. Memudahkan Anda untuk tidak perlu membawa uang tunai kemanapun Anda pergi. Karena biasanya Anda takut jika uang tunai hilang jika dibawa bepergian. Selain itu dengan adanya kartu kredit maka kegiatan belanja Anda menjadi lebih praktis dan ekonomis.

2. Dapat mengurangi adanya resiko memperoleh uang palsu jika menggunakan uang tunai.

3. Sebenarnya dengan kredit dapat membantu Anda untuk menunda pengeluaran uang tunai.

4. Dalam keadaan urgent atau darurat, sebenarnya penggunaan dari kartu kredit akan sangat membantu Anda pada saat uang tunai belum tersedia.

5. Dengan penggunaan kredit, Anda dapat membeli barang namun membayarnya dapat dicicil.

Setelah dibahas beberapa keuntungan menggunakan kartu kredit, kini Anda juga harus mengetahui beberapa tips memilih kartu kredit, seperti:

1. Cobalah untuk memilih penerbit kartu kredit yang telah mempunyai nama besar, dipercaya dan mempunyai kinerja yang professional.

2. Sebelum menentukan kartu kredit mana yang akan Anda pilih, sebaiknya lalukan survey dan pilihkan kartu kredit yang memiliki banyak sekali manfaat, namun biaya yang ditanggung paling minim

3. Pilihlah kartu kredit yang mempunyai banyak fasilitas serta kemudahan

4. Ketika Anda apply kartu kredit, sebaiknya pastikan terlebih dahulu dan pahami semua peraturan yang ada didalam aplikasi. Termasuk didalamnya meliputi suku bunga, biaya hingga berapa besarnya pembayaran minimum.

5. Pilihlah kartu kredit yang mana Anda dapat diberikan pilihan untuk ikut atau tidak dalam hal pelindungan asuransi.

6. Sebaiknya pilihlah kartu kredit yang mempunyai call center yang paling baik

Setelah Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit, ada beberapa poin penting yang sangat berguna ketika Anda mempunyai kartu kredit, seperti:

1. Ternyata kebiasaan Anda untuk mengumpulkan struk belanja ada banyak sekali manfaatnya. Hal ini sebagai bukti jika ternyata tagihan kartu kredit Anda berbeda dengan jumlah biaya yang dikeluarkan ketika kita berbelanja.

2. Pergunakanlah fasilitas kartu kredit yang dapat menarik dana tunai pada saat kebutuhan darurat saja. Karena biasanya fasilitas tarik tunai ini dapat dikenakan langsung ke tagihan Anda disertai dengan bunga.

3. Usahakan untuk membayar tagihan tepat waktu. Karena jika terlambat pada umumnya Anda akan terkena bunga atau biaya yang lainnya.

4. Apabila Anda masih bingung atau merasa kesulitan ketika membayar, segera hubungi call center. Hal ini bertujuan agar ketidaktahuan fungsi serta fitur yang jelas, dapat menyebabkan Anda menggunakan kartu kredit menjadi tidak benar yang berakibat Anda akan terkena biaya tambahan atau denda.

Demikianlah tips untuk mengelola kartu kredit dari Cermati.com. Sangatlah penting untuk memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sekarang anda bisa bandingkan dan memilih kartu kredit dengan fitur yang anda butuhkan secara online. Setelah itu anda bisa apply kartu kredit online di situs keuangan Cermati.com. Anda bisa membaca tips mengelola keuangan di sini juga.