Menkopolhukam-Rektor UGM Bahas Kajian Lahan Gambut

id Menkopolhukam-Rektor UGM

Jakarta, (Antara) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan bertemu dengan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati membahas finalisasi laporan dari kajian Kelompok Kerja Gambut UGM pascakebakaran lahan gambut di berbagai daerah.

"Jadi kalau Ibu Siti Nurbaya (Menteri LHK) sudah kembali dari kunjungan kerjanya, kita bisa laporkan ke publik," kata Luhut setelah pertemuan itu di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu malam.

Menurut Luhut, nantinya ia bersama dengan Menteri LHK Siti Nurbaya juga akan melaporkan terkait apa saja yang sudah dikerjakan pasca kebakaran lahan itu.

"Termasuk masalah legalitasnya dari kajian itu," kata Luhut yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo itu.

Sebelumnya, Kelompok Kerja Gambut Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta memberi masukan kepada Presiden Joko Widodo mengenai penanganan gambut khususnya kebakaran lahan gambut yang terjadi akhir-akhir ini di berbagai daerah.

"Kita identifikasi masalah penanganan lahan gambut termasuk dari sisi antropologi," kata Menkopolhulkam Luhut Binsar Panjaitan dalam jumpa pers seusai mendampingi Presiden menerima Kelompok Kerja Gambut UGM di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (3/11).

Luhut menyebutkan Presiden meminta agar pengelolaan lahan gambut dibenahi dan meminta UGM melakukan kajian terhadap masalah itu.

Sementara itu, Rektor UGM Dwikorita Karnawati mengatakan UGM melakukan kajian terhadap gambut sejak beberapa tahun lalu.

Menurutnya, resep atau paket upaya untuk mengatasi kerusakan atau kebakaran adalah perlu integrasi beberapa aspek yaitu sosial dan teknis serta regulasi.

"Perlu restorasi lahan gambut, intinya pengelolaan tata air dan rekayasa sosial," katanya. (*)