Plh Bupati Minta SKPD Siaga Bencana

id Siaga Bencana

Sarilamak, (Antara) - Pelaksan Harian (Plh) Bupati Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Yendri Tomas mengingatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) siaga terhadap bencana mengingat tingginya curah hujan sejak beberapa Minggu terakhir.

"Mengingat cuaca saat ini, perlu mewaspadai timbulnya banjir, longsor, angin ribut, air bah dan angin kencang, dimana musibah tersebut sudah menjadi langganan setiap tahun," kata dia di Sarilamak, Rabu.

Untuk itu, kata dia, Dinas Sosial, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk tetap siaga 24 jam.

Kemudian, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota menyediakan 14 mobil Puskesmas Keliling beserta dengan petugas yang siap memberikan pertolongan jika terjadi bencana.

"Hal itu, untu mengantisipasi timbulnya wabah penyakit pasca bencana, seperti influenza, diare, demam, serta penyakit kulit lainnya," kata dia.

Ia juga mengimbau semua masyarakat agar waspada terhadap bencana, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang langganan dan rawan bencana.

Sebelumnya, Selasa (1/12) unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Limapuluh Kota melakukan apel siaga bencana di Mapolres Limapuluh Kota.

Pihaknya mengapresiasi TNI dan Polri telah bertindak cepat, tepat, dan berkoordinasi secara terpadu dalam menindaklanjuti bencana alam yang menimpa daerah itu.

Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Bagus Surapratomo Oktobrianto mengatakan pihaknya menyiagakan personil yang disiap diturunkan jika terjadi bencana.

Menurutnya, perlu adanya komunikasi dan kerjasama antar sesama Muspida untuk mencegah serta meminimalisir dampak dari musibah tersebut. (*)