Teknik Unand Dukung Kemajuan Agroindustri Unggulan Sumbar

id Teknik Unand

Padang, (Antara) - Fakultas Teknik Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) akan mendukung dan mendorong kemajuan agroindustri atau industri pertanian unggulan di provinsi tersebut.

"Dukungan ini telah dibuktikan dengan banyaknya akademisi dan mahasiswa dari fakultas teknik yang terlibat sebagai tenaga ahli dalam program agroindustri," kata Dekan Fakultas Teknik Unand, Khairul Abrar di Padang, Senin.

Dia menyebutkan melalui tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan penagbdian masyarakat para dosen Teknik banyak menjadi pemikir pada beberapa program yang digagas pemerintah dalam bidang pertanian.

Seperti dalam teknologi penghasilan bibit, peningkatan produksi tanaman pangan, proses pengolahan produksi, hingga penciptaan inovasi mesin dan peralatan pertanian.

Selain dalam beberapa macam penelitian dosen Teknik juga telah berkoordinasi dengan pemerintah untuk menghasilkan suatu karya yang inovatif, ucapnya.

"Inovasi dalam agroindustri juga termasuk dalam tujuan strategis institusi dalam pengembangan tekonologi untuk masyarakat," katanya.

Menurutnya melalui berbagai workshop, atau fokus grup diskusi diharapkan dapat menemukan kesesuaian dan solusi pemikiran antara Teknik Unand dengan pemerintah.

Hasil dari diskusi ini nantinya yang akan menjadi pertimbangan dalam penciptaan teknologi guna memperkuat agroidustri di Sumbar.

"Dengan alih teknologi dalam menghasilkan suatu produksi pertanian juga akan diimbangi dengan teknologi dalam industrinya," kata dia.

Dalam hal ini kata Khairul pihaknya akan mengoptimalkan dosen yang berkecimpung dalam dunia mesin dan industri.

Bersama memikirkan suatu solusi teknologi untuk menciptakan hasil pertanian bermutu semisal tanaman pangan atau buah-buahan.

Meskipun begitu upaya tersebut juga perlu mendapat dukungan langsung pemerintah.

Terutama dalam melancarkan proses pengembangan tersebut, ucapnya.

Sementara itu salah satu alumni mahasiswa Teknik Unand, Abdi Arpan menilai penciptaan inovasi teknologi dalam bidang agroindustri merupakan sesuatu yang krusial.

Menurutnya industri pertanian saat ini cukup memegang kendali dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Dia mengatakan bila hanya mengandalkan sumber daya alam yang ada kebutuhan pangan nasional secara keseluruhan tentunya tidak akan terpenuhi.

Disinilah peran Teknik dalam pengembangan teknoliginya untuk memanfaatkan sumber daya yang terbatas tersebut, ucapnya. (*)