KPU Dharmasraya akan Evaluasi Pelaksanaan Debat Pertama

id Pilkada Dharmasraya

Pulau Punjung, (Antara) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan melakukan evaluasi pelaksanaan debat publik putaran pertama pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati setempat yang digelar Senin (16/11).

"Secara umum pelaksanaan sudah bagus, namun kita menilai masih belum maksimal. Karena itu akan ada evaluasi bersama pihak terkait pada 20 November 2015, kata Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya, Kasasi di Pulau Punjung, Selasa.

Dia menilai evaluasi ini dilakukan untuk penyempurnaan pelaksanaan debat publik pasangan calon untuk putaran ke dua pada 26 November 2015.

Meskipun secara keseluruhan pelaksanaan debat putaran pertama berjalan kondusif akan tetapi ada beberapa pointer yang dirasa perlu diperbaiki, kata dia.

Seperti perumusan materi debat yang lebih matang untuk putaran ke dua, serta mengarahkan pendukung pasangan calon agar mengikuti aturan debat yang telah ditetapkan.

"Karena pada debat pertama sempat berulang kali pendukung paslon melanggar aturan yang dibuat moderator, meskipun tidak berdampak besar namun ini harus dievaluasi untuk perbaikan," ujarnya.

Pelaksanaan debat publik bagi pasangan calon adalah satu tahapan dalam persiapan pelaksanaan pilkada serentak yang diatur dalam PKPU No 7 Tahun 2015 tentang pemilihan kepala daerah.

Debat publik bertujuan untuk memberikan peluang kepada ke dua paslon menyampaikan visi dan misi, serta program-program kepada masyarakat dalam memimpin Dharmasraya ke depan, lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Dharmasraya, AKBP Lalu Muhamad Iwan Mahardan mengimbau ke dua pendukung pasangan calon dan masyarakat untuk bersama menciptakan situasi kondusif selama pilkada serentak.

"Kami ajak masyarakat untuk menjadikan pilkada sebagai wadah demokrasi yang damai, adil, dan tanpa perpecahan," ujarnya. (*)