Belasan Taekwondoin Sumbar Siap Bersaing di Kejurnas

id Taekwondo, Sumbar, Kejurnas

Padang, (AntaraSumbar) - Sebanyak 17 atlet taekwondo Sumatera Barat siap bersaing pada kejuaraan nasional babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional 2016 di GOR Pusat Olahraga Persahabatan Korea Indonesia (POPKI) Jakarta pada 17-19 Desember 2015.

Pelatih Kepala Taekwondo Indonesia (TI) Sumatera Barat (Sumbar), Budi Ilyas di Padang, Rabu, mengungkapkan, ke-17 atlet tersebut kini menjalani pemusatan dan latihan secara fokus sampai jadwal pemberangkatan menuju Jakarta.

"Kami sangat fokus menghadapi ajang itu, dan optimistis mampu bersaing untuk merebut tiket ke PON 2016," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam mengikuti ajang tersebut tim taekwondo Sumbar akan turun pada sembilan kelas kyorugi putra, delapan kyorugi putri dan satu nomor kelas poomsae.

Ia menambahkan, atlet yang saat ini dipersiapkan turun pada ajang tersebut, merupakan taekwondoin pilihan yang dipanggil berdasarkan prestasi, kemauan dan konsistensi menjalani latihan.

"Tidak itu saja, selama menjalani latihan kami juga menilai disiplin, serta semangatnya untuk menjalani latihan sebelum turun pada kejunas," katanya.

Menyinggung tentang target pada ajang tersebut, Budi mengharapkan dapat meloloskan atlet sebanyak mungkin dari 17 kelas pertandingan yang diikuti.

"Atau minimal ada sembilan nomor yang diharapkan lolos untuk meraih tiket PON," katanya.

Ia juga menambahkan, sebelumnya tim TI Sumbar juga sudah melakukan beberapa uji tanding dengan mengikuti kejuaraan Indonesia terbuka, Jaguar Cup dan uji tanding di Jakarta.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar Syahrial Bakhtiar mengimbau atlet taekwondo Sumbar terus menjaga kekompakan selama menjalani pemusatan latihan.

"Dengan kekompakan dan semangat untuk bisa menghasilkan yang terbaik tentunya akan berdampak pada hasil positif pada ajang yang diikuti," katanya. (*)