Agam Remajakan 100 Hektare Pohon Kelapa

id Agam, Remajakan, Kelapa

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam meremajakan pohon kelapa seluas 100 hektare yang tersebar di empat kecamatan.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Selasa mengatakan, peremajaan pohon kelapa ini diperuntukan untuk kelompok tani di Kecamatan Tanjung Mutiara, Lubuk Basung, Ampek Nagari dan Palupuh.

"Program ini dilaksanakan oleh kelompok tani yang ada di empat kecamatan tersebut," katanya.

Ia menambahkan, kelompok tani yang mendapatkan program tersebut yakni, Ampang Kandih II, Amal Remaja, Ujung Gugung, Karya Usaha, Fajar Mutiara, Sari Bulan Jaya, Durian Gadang, Cempaka, Koto Gadang, Mutiara Indah, Samudra di Kecamatan Tanjung Mutiara.

Lalu, Suka Jadi, Sawah Baru, Usaha Sepakat di Kecamatan Lubuk Basung.

Kemudian, Karya Jaya di Kecamatan Ampek Nagari, Saiyo Sakato dan Keltan Harapan Maju di Kecamatan Palupuh.

"Kegiatan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada tahun 2015 dan saat ini program ini telah berjalan," katanya.

Program peremajaan pohon kelapa ini bagi pohon yang telah tidak poduktif sehingga dengan peremajaan ini maka masyarakat bisa memanfaatkan nantinya.

Selain peremajaan pohon kelapa, Dinas Pertanian juga melakukan pengembangan dan peremajaan tanaman sawit yang berada di Kecamatan Ampek Nagari dan Lubuk Basung seluas 100 hektar.

"Kita juga melakukan optimalisasi penggunaan bibit kelapa sawit sebanyak 6.500 batang," katanya.

Anggota Kelompok Tani Samudra, Karman mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Agam yang telah meremajakan pohon kelapa.

"Pohon kelapa miliknya sudah berusia puluhan tahun sehingga buahnya sudah mulai kurang. Dengan peremajaan ini, maka lima sampai 10 tahun yang akan datang buahnya kembali banyak," katanya. (*)