Kemenpu-Pera Beri Pembekalan Mahasiswa KKN Tematik Unand

id KKN Tematik Unand

Padang, (Antara) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya memberikan pembekalan mahasiswa yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik asal Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

"Pembekalan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke daerah lokasi KKN Tematik yang diusulkan Dinas PU mulai November 2015 ," Kata Kepala Satker Pengendalian dan Program Cipta Karya Provinsi Sumbar Syafrianti, di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan pembekalan berupa pengenalan, pengajaran dan pengarahan Dirjen Cipta Karya tentang kegiatan yang dilakukan selama KKN nantinya.

Dalam hal ini mahasiswa langsung dibimbing oleh perwakilan direktorat pusat sesuai jenis arah pembinaan masyarakatnya.

Khusus pada KKN ini katanya, terfokus pada pembangunan dan pembenahan infrastruktur pemukiman kumuh di Padang.

"Terdapat empat bidang infrastruktur yang menjadi pembekalan mahasiswa tersebut yakni Air bersih, sanitasi, pembenahan bangunan dan, penataan lingkungan," katanya.

Keempat jenis infrastruktur ini nantinya mahasiswa bersama dosen pembimbing mencarikan solusi atau pemikiran dalam pemberdayaan kepada masyarakat.

Selain itu juga melakukan penyuluhan dan pembentukan beberapa unit kegiatan yang mendukung keempat hal infrastruktur tersebut.

"KKN tematik ini bertema pembangunan pemukiman kumuh sebagai bagian dari upaya PU merealisasikan program seratus nol seratus," kata dia.

Pada program tersebut diharapkan pada 2019 Indonesia sudah menyelesaikan permasalahan air minum, pemukiman kumuh dan sanitasi.

Selain itu KKN ini juga bentuk integrasi peranan perguruan tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat, imbuhnya.

Sementara itu Ketua KKN Unand Ujang Khairul menyebutkan bahwa KKN ini dilaksanakan sebagai bagian dari kerja sama antara Kementerian PU-Pera dengan perguruan tinggi.

Selain itu KKN ini juga termasuk dalam program Kementerian PU-Pera di Sumbar yang telah berjalan.

Dalam hal ini peranan mahasiswa membantu pekerjaan Kementerian tersebut sekaligus menyempurnakan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian pada masyarakat, ucapnya.

KKN ini sebutnya akan berjalan terus hingga 2019 mendatang sesuai isi kesepakatan Unand dan Kementerian.

Khusus untuk Unand pada KKN tematik ini akan melingkupi daerah yang telah ditetapkan menjadi wilayah kumuh, ucapnya. (*)