60.638 Jiwa Warga Agam Nikmati Pamsimas

id Agam, Program, Pamsimas

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Sekitar 60.638 dari 519.049 jiwa masyarakat Kabupaten Agam telah menikmati program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsismas) dari pemerintah.

"Dari data tersebut, sekitar 12,89 persen masyarakat Kabupaten Agam telah mendapatkan air bersih melalui program Pamsimas," kata Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Agam, Isman Imran di Lubukbasung, Rabu.

Ia menyebutkan, para warga yang mulai terjangkau pamsimas tersebar di 49 nagari dari 82 nagari.

Sementara pada tahap dua pada kurung waktu 2013 sampai 2015, Kabupaten Agam membangun sebanyak 42 lokasi dengan rincian yakni, sebanyak 30 lokasi dengan pembiayaan APBN dan 12 lokasi dengan pembiayaan APBD Kabupaten Agam.

Semenjak 2008 sampai 2015, Pemkab Agam setiap tahun selalu menyediakan anggaran untuk Pamsimas sekitar Rp5,5 miliar.

Dana ini, tambahnya, lebih besar dari kewajiban "sharing" yang telah ditentukan pemerintah pusat sebesar Rp4,8 miliar.

"Ini sebagai wujud keseriusan dan komitmen Pemkab Agam dalam percepatan pencapaian target akses air minum dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, program Pamsimas merupakan salah satu program andalan dalam upaya pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat.

Sementara itu, Bupati Agam, Indra Catri mengatakan keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik SKPD, tim koordinasi kecamatan (TKKC) dan lainnya dalam melakukan pengawasan program.

"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setingih-tingihnya kepada SKPD, TKKC dan lainnya yang telah bekerja keras, sehingga kita mencapai prestasi ini," katanya. (*)