Dinsosnaker Padang Catat 18.536 Pencaker

id Dinsosnaker Padang

Padang, (Antara) - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padang, Sumatera Barat, mencatat sebanyak 18.536 pencari kerja sejak Januari hingga Agustus 2015.

"Biasanya rata-rata pencari kerja yang terdata Dinsosnaker Padang hanya berkisar 13.000 orang setahun, namun data terakhir hingga Agustus 2015 menunjukkan peningkatan yang signifikan," kata Kabid Penempatan Pelatihan dan Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Dinsosnaker, Hendy di Padang, Rabu.

Ia mengatakan peningkatan jumlah pencaker dipengaruhi oleh bertambahnya frekuensi wisuda yang dilakukan berbagai kampus di Kota Padang.

"Jumlah lulusan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi di Kota Padang terus meningkat sementara lapangan pekerjaan yang tersedia masih minim," kata dia.

Ia mengatakan dalam satu kali periode wisuda dapat meningkatkan jumlah pencaker dari lulusan sarjana hingga 9.000 orang.

Selain itu, pelemahan ekonomi yang terjadi saat ini mulai dari tingkat nasional hingga daerah juga menjadi faktor lain peningkatan jumlah pencaker, karena perusahaan yang tidak mampu bertahan akan memberhentikan karyawannya.

Untuk menekan angka pencaker Kota Padang, Dinsosnaker melaksanakan job fair sebanyak dua kali dalam setahun.

"Jika pada 2014 lalu job fair hanya dilakukan satu kali dalam setahun, tahun 2015 ditambah menjadi dua kali yaitu Juni dan Agustus," kata dia.

Selain mengadakan job fair, Dinsosnaker Padang juga terus mengadakan pelatihan untuk pencaker untuk menekan angka pengangguran di Kota Padang.

"Pencaker akan dilatih untuk dapat menjadi pelaku usaha yang membuka lapangan pekerjaan sendiri," ujar dia.

Hal ini bertujuan untuk mewujudkan program pemerintah Kota Padang menghasilkan 1.000 wirausahawan baru yang mandiri. (*)